Dinsos Pulau Morotai Sebut Tak Ada Korban Tewas akibat Gempa

Rabu, 22 November 2017 - 09:37 WIB
Dinsos Pulau Morotai Sebut Tak Ada Korban Tewas akibat Gempa
Dinsos Pulau Morotai Sebut Tak Ada Korban Tewas akibat Gempa
A A A
TERNATE - Beredarnya pemberitaan bahwa terdapat korban meninggal dunia akibat gempa bumi berkekuatan 5,8 SR di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, Sabtu malam lalu ditepis Dinas Sosial Pulau Morotai.

Kepala Dinas Sosial Pulau Morotai Nursina Kadir mengaku tidak ada korban meninggal saat gempa. Namun, terdapat puluhan warga mengalami luka-luka akibat terkena reruntuhan bangunan saat kejadiaan.

"Tidak benar kalau ada korban meninggal akibat korban gempa, karena saya saat itu langsung di lokasi," kata Nursina kepada wartawan, Selasa (21/11/2017).

Nursina mengaku, seorang warga yang dikabarkan tewas tersebut, meninggal dunia sebelum adanya kejadian gempa bumi. Sehingga, tidak ada sangkut pautnya dengan musibah gempa.

"Adanya yang meninggal itu terjadi sebelum adanya gempa. Saya di lokasi dan bertemu dengan pihak keluarga yang meninggal," katanya.

Sebelumnya, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, dampak gempa di Pulau Morotai merusak bangunan di lima desa yaitu Desa Posi-Posi, Desa Leo-Leo Rao, Desa Aru Burung, Deaa Lou Madoro, Desa Saminya Mao, dan Desa Waya Bula di Kecamatan Morotai Selatan Barat, Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara.

"Satu orang meninggal dunia dan 294 bangunan rusak akibat gempa bumi. Total kerusakan akibat gempa bumi, 160 rumah rusak berat, 11 rumah rusak sedang, 108 rumah rusak ringan, 1 pustu rusak berat, 12 gereja dan satu sekolah dasar rusak ringan," jelas Sutopo dalam rilisnya, Selasa (21/11/2017).
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3288 seconds (0.1#10.140)