Besok, KPU Jabar Buka Pendaftaran Calon Independen

Selasa, 21 November 2017 - 16:27 WIB
Besok, KPU Jabar Buka Pendaftaran Calon Independen
Besok, KPU Jabar Buka Pendaftaran Calon Independen
A A A
BANDUNG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat membuka pendaftaran bagi bakal calon gubernur/wakil gubernur Jabar dari jalur perseorangan (independen), mulai 22-26 November 2017.

Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat menyatakan, pihaknya siap menerima berkas dukungan yang disampaikan kandidat pasangan calon (paslon) independen. Setiap kandidat wajib menyerahkan berkas dukungan minimal 2.132.470 salinan e-KTP atau surat keterangan (suket) yang tersebar di lebih 14 kabupaten/kota di Jabar.

Pendaftaran kandidat paslon independen dilakukan lebih awal dibandingkan kandidat dari jalur partai politik. Sebab, diperlukan verifikasi faktual terhadap berkas dukungan yang disampaikan kandidat tersebut. Penerimaan berkas dukungan dilakukan di Kantor KPU Jabar, Jalan Garut Nomor 11, Kota Bandung, mulai pukul 08.00-16.00 WIB.

Menurut Yayat, pihaknya sangat menaruh perhatian besar terhadap proses pendaftaran kandidat paslon independen. Untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan dalam verifikasi faktual berkas dukungan kandidat paslon independen, KPU Jabar juga menggelar Simulasi Penerimaan Berkas Dukungan Calon Perseorangan.

"Kenapa KPU sangat intensif dan serius melakukan sosialisasi calon perseorangan ini? Karena kami sangat menyadari persyaratan (berkas dukungan) calon perseorangan di Jabar sangat besar, bahkan paling besar dibandingkan provinsi lain," jelas Yayat di sela-sela Simulasi Penyerahan Berkas Calon Perseorangan di Kantor KPU Jabar, Selasa (21/11/2017).

Menurut Yayat, simulasi penting dilakukan karena verifikasi faktual berkas dukungan kandidat paslon independen harus melalui mekanisme yang ketat, efektif, dan efisien. Selain itu, diperlukan juga pemahaman yang sama antara pihak kandidat paslon independen dan KPU sendiri.

"Kita juga sengaja undang perwakilan dari 27 kabupaten/kota masing-masing 10 orang, total 270 orang. Mereka nantinya akan bersiaga untuk melakukan penghitungan (berkas dukungan) secara cepat dan akurat," kata Yayat.

Yayat menambahkan, untuk menciptakan suasana kondusif dan proses penerimaan berkas dukungan kandidat paslon independen berjalan baik, pihaknya juga melibatkan aparat kepolisian. Sebab, kata dia, tanpa dukungan keamanan, proses penerimaan dan penghitungan berkas dukungan dikhawatirkan terhambat.

"‪Simulasi ini kita lakukan semaksimal mungkin, persis seperti yang akan dilaksanakan besok."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4725 seconds (0.1#10.140)