alexametrics

Kapolda Jabar Instruksikan Anak Buahnya Jadi Citizen Journalist

loading...
Kapolda Jabar Instruksikan Anak Buahnya Jadi Citizen Journalist
Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto. Foto/SINDOnews/Agus Warsudi
A+ A-
BANDUNG - Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto menginstruksikan semua polisi di jajarannya menjadi citizen journalist. Polisi harus mampu memosisikan diri sebagai pemberi informasi akurat dan bermanfaat bagi masyarakat.

Agung mengatakan, saat ini era globalisasi dan digitalisasi. Telepon seluler yang digunakan telah berbasis Android. Dengan alat itu, polisi bisa menjadi citizen journalist. Contohnya, saat berada di satu lokasi, terjadi longsor dan kebetulan polisi sedang berada di tempat itu, bisa sebarkan informasi penting sambil memberikan solusi bagi masyarakat untuk menghindari jalan tersebut dan menunjukkan jalur alternatif. Atau informasi awal kecelakaan dan lain-lain.

"Informasi itu kan bermanfaat bagi masyarakat. Terkait dengan hal ini, saya sudah ingatkan kepada jajaran untuk lebih peka terhadap media khususnya media sosial dan menjadi citizen journalist," kata Kapolda Jabar seusai membuka kegiatan Pelatihan Fungsi Kehumasan di Aula Moeryono Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Selasa (21/11/2017) pagi.



Agung mengemukakan, banyak kegiatan polisi yang positif namun tidak terekspose. Misalnya, Bhabinkamtibmas di desa dan kelurahan yang membantu masyarakat atau polisi lalu lintas yang membantu anak-anak dan lanjut usia (lansia) menyeberang jalan. "Ini kan citra positif. Jadi bukan hanya aktivitas negatif polisi saja yang terekspose. Jadi dengan polisi menjadi citizen journalist, ada keberimbangan," ujar Agung.

Menurut Agung, media sosial (medsos) saat ini sangat berpengaruh di masyarakat. Lewat medsos, polisi bisa menghalau informasi bohong alias hoax dan menyesatkan. "Lawan hoax dengan informasi yang benar. Imbau masyarakat untuk tidak mempercayai hoax," kata mantan Kapolda Sumsel ini.

Pelatihan Fungsi Kehumasan bertajuk 'Sosialisasi Fungsi Kehumasan, Pelatihan Peningkatan Kemampuan SDM Bidang Fotografi dan Operator Counter Opini Polda Jabar' menghadirkan pembicara dari kalangan jurnalis, termasuk Reporter MNC TV Mujib.
(zik)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak