Satu Pasien Mpox Meninggal Dunia saat Isolasi, Begini Penjelasan Dokter

Kamis, 23 November 2023 - 20:37 WIB
loading...
Satu Pasien Mpox Meninggal Dunia saat Isolasi, Begini Penjelasan Dokter
Penyakit cacar monyet atau Mpox telah memakan korban. Satu korban meninggal dunia saat menjalani isolasi di rumah sakit. Foto/ who.
A A A
JAKARTA – Penyakit cacar monyet atau monkey pox (Mpox) telah memakan korban. Satu korban meninggal dunia saat menjalani isolasi di rumah sakit.

Hal itu dibeberkan Dokter Spesialis Penyakit Dalam dengan Subspesialis Penyakit Tropik dan Infeksi, Dr. dr. Lie Khie, Sp. PD-KPTI.



Dijelaskan dr Lie, penyebabnya itu bukan dikarenakan Mpox , melainkan penyakit penyerta yang dialami pasien tersebut.

“Ada satu pasien dari yang dirawat dengan Mpox meninggal. Kami perlu memberikan klarifikasi bahwa kasus Mpox umumnya ini angka kematiannya sangat kecil,” kata dr Lie, dikutip dalam acara Konferensi Pers tentang Fatalitas Kasus Mpox di Indonesia, Kamis (23/11/2023).

Lebih lanjut, dia menjelaskan pasien lebih dahulu dirawat di RS Sulianti Saroso selama beberapa minggu, sebelum akhirnya dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) karena mengalami masalah cerna di bagian ususnya. Maka di RSCM dilakukan operasi, namun dua minggu kemudian baru muncul komplikasi.

“Pascaoperasi kondisi pasien cukup stabil tapi karena ada komorbid lainnya dan ada monkeypox dengan lesi yang cukup berat, terjadi komplikasi sehingga perawatan dua minggu terjadi kompliasi pada paru,” ucap dr Lie.



Untuk itu, dr Lie mengatakan masyarakat agar tidak perlu terlalu khawatir dengan Mpox karena penyakit tersebut memiliki angka kematian yang kecil.

Sekadar informasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga memberikan laporan per Kamis (23/11/2023) kalau saat ini ada sekitar 57 total kasus pasien Mpox yang terjadi di Indonesia.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2005 seconds (0.1#10.140)