Survei LPPM IKA Muda Unpad Sebut Ganjar-Mahfud Berpeluang Rebut Suara Gen Z

Kamis, 23 November 2023 - 14:29 WIB
loading...
Survei LPPM IKA Muda Unpad Sebut Ganjar-Mahfud Berpeluang Rebut Suara Gen Z
Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Foto/Dok.MPI
A A A
BANDUNG - Survei Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Ikatan Alumni (IKA) Muda Universitas Padjadjaran (Unpad) menunjukkan elektabilitas Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menempati posisi teratas di kalangan generasi Z (genzi) atau pemilih pemula.

Survei dilakukan di Bandung Raya (Kota Bandung, Cimahi, Kabupaten Bandung, Bandung Barat, Sumedang), mayoritas genzi memilih Ganjar-Mahfud.

Dari survei tersebut yaitu rinciannya, 43,1 persen memilih Ganjar-Mahfud, 30,4 persen memilih pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming, serta sebanyak 26,5 persen pemilih pemula menjatuhkan pilihannya kepada Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

Ketua IKA Muda Unpad, Fuad Rinaldi menilai, ketiga pasangan capres-cawapres memiliki peluang sama untuk merebut suara genzi. Pasalnya, tidak ada satupun kandidat yang melampaui 50 persen suara.



Kendati demikian, Fuad meyakini posisi teratas yang kini diduduki Ganjar-Mahfud kian membuka peluang pasangan tersebut memenangkan hati generasi muda. Apalagi jika elektabilitas mampu diperluas dan ditingkatkan ke generasi X.

"Dapat dikatakan, ketiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden memiliki kesempatan sama dalam memenangkan Pilpres 2024, tetapi kami melihat potensi kemenangan satu putaran ada pada Ganjar Pranowo dan Mahfud MD," ujar Fuad dalam keterangannya.

Demikian juga jika Pilpres berjalan dua putaran, Fuad optimistis Ganjar-Mahfud berpeluang menang. Dengan catatan, penetrasi soft campaign hingga hard campaign dapat memengaruhi suara elektoral pada basis capres-cawapres yang tidak lolos di putaran pertama.

"Melihat Pilpres dilaksanakan kurang dari tiga bulan lagi, sulit bagi capres-cawapres manapun menang satu putaran. Sehingga, komunikasi yang baik para elite politik sangat penting untuk membangun koalisi di putaran kedua," kata dia.

Survei dilakukan LPPM IKA Muda Unpad pada periode 7-18 November 2023 terhadap 1.132 responden di Bandung Raya menggunakan multistage random sampling dengan margin of error 2,97 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4762 seconds (0.1#10.140)