Kahiyang Diberi Marga Siregar dan Dipotongkan 10 Ekor Kerbau

Minggu, 19 November 2017 - 17:10 WIB
Kahiyang Diberi Marga Siregar dan Dipotongkan 10 Ekor Kerbau
Kahiyang Diberi Marga Siregar dan Dipotongkan 10 Ekor Kerbau
A A A
MEDAN - Pada pesta adat acara Ngunduh Mantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan dirangkaikan pemberian marga kepada Kahiyang Ayu. Setelah resmi menjadi istri Bobby Afif Nasution, Kahiyang Ayu akan diberi marga Siregar dan dipotongkan 10 ekor kerbau.

Erwan Nasution, paman Bobby saat konferensi pers di Media Centre Resepsi Bobby – Kahiyang mengatakan pemberian marga Siregar nantinya dilakukan pada 21 November 2017. Setelah pemberian marga Siregar lalu dilanjutkan dengan pesta adat pada 24 November - 25 November 2017.

“Kita sama-sama mengetahui, Kahiyang adalah putri Jawa. Bobby putra Mandailing. Jadi nanti kami pihak marga Nasution ingin meminta kepada keluarga Siregar agar memberikan Kahiyang marga Siregar seperti marga ibunda Bobby,” tuturnya, Minggu (19/11/2017).

Erwan menjelaskan, ada banyak rangkaiannya prosesi, di antaranya pemotongan kerbau, membunyikan gordang, lalu manortor, sidang adat, manortor tahap dua, membawa pengantin ke tapian raya, mangupa. “Lalu, pada 26 November 2017 resepsi umum," jelasnya.

Erwan menambahkan ada sekitar 100 lebih keluarga dari Solo yang turut menghadiri acara Ngunduh Mantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Medan. “Sebagian mereka tiba pada 19 November 2017 bersama Bobby dan Kahiyang. Nanti mereka akan menginap di salah satu hotel,” ujarnya.

Erwan juga menjelaskan untuk pengamanan lalu lintas pihaknya sudah bekordinasi dengan Ditlantas Poldasu Sumut mengenai mekanisme pengaturan lalu lintas . “Sesuai instruksi Pak Jokowi, tidak ada yang jalan yang boleh ditutup untuk menjaga ketentraman,” ujarnya.

Sementara itu, Owner Focus Wedding Organizer, Muhammad Oji mengungkapkan dalam acara adat yang disebut dengan mangalehan marga ini, disiapkan sekitar 10 ekor kerbau. “Bahkan kabarnya, ada lima raja yang ikut memberikan marga bagi Kahiyang Ayu,” ujarnya.

Oji menjelaskan, acara mangalehan marga ini akan dilaksanakan di kediaman tulang (paman Bobby), Doli Sinomba Siregar, Medan Johor. Ada beberapa alasan pemberian marga, antara lain menjelaskan keturunan, perkawinan antar etnik, pengabdian dan jasa serta, penghormatan/penghargaan. “Namun, alasan yang paling tepat pemberian marga untuk Kahiyang ialah karena perkawinan antar etnik,” jelasnya.

Menurut Oji, Kahiyang Ayu akan diberi marga Siregar karena marga inilah marga ibunda Bobby yang disapa Kahiyang sebagai Namboru atau Ibu Mertua. Dengan kata lain agar jelas kedudukan Kahiyang dalam lembaga adat Dalian Na Tolu dan martutur.

Itulah sebabnya acara pemberian marga ini diadakan di rumah Doli Sinomba Siregar, tulang atau kakak laki-lakinya ibundanya Bobby. Inti acara pada kegiatan ini ialah keluarga Bobby memohon kepada keluarga pihak Ibu Bobby (bermarga Siregar) agar berkenan memberi marga Siregar kepada Kahiyang Ayu.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5920 seconds (0.1#10.140)