Tiba di Medan, Bobby-Kahiyang Disambut Acara Haroan Boru

Minggu, 19 November 2017 - 08:20 WIB
Tiba di Medan, Bobby-Kahiyang Disambut Acara Haroan Boru
Tiba di Medan, Bobby-Kahiyang Disambut Acara Haroan Boru
A A A
MEDAN - Muhammad Bobby Afif Nasution dan Kahiyang Ayu dijadwalkan tiba di Medan, Sumatera Utara, pada hari ini, Minggu (19/11/2017), guna mempersiapkan resepsi kedua pernikahan. Dalam kesempatan itu, mereka akan disambut dengan upacara Haroan Boru saat tiba di kediaman orang tua Bobby.

Haroan Boru merupakan upacara khas masyarakat Mandailing untuk menantu saat datang pertama kali ke rumah mertua.

"Jadi, nanti Ibu dari Bobby akan menyambut Bobby dan Kahiyang di depan pintu rumah. Mereka lalu digiring masuk ke dalam rumah, dengan terlebih dahulu memijakkan kaki pada berbagai jenis tumbuhan yang sudah disiapkan, antara lain batang pisang. Makna agar sang kedatangan sang menantu membawa suasana kesejukan dan kedamaian. Tumbuhan dan batang pisang itu simbol dingin yang menyejukkan," kata Paman Bobby, Erwan Nasution, Sabtu 18 November 2017.

Setelah masuk ke dalam rumah, lanjut Erwan, upacara akan dilanjutkan dengan mendudukkan Bobby dan Kahiyang di atas Amak Lampisan, yaitu tikar adat yang terdiri dari beberapa lapis tikar.

"Di dalam rumah nanti sudah ada sanak keluarga dan tetua-tetua adat yang akan memberikan nasihat bagi kedua mempelai. Mereka lalu akan disuguhi Itak, makanan khas adat Mandailing yang terbuat dari sagu dan gula aren yang dibentuk dengan menggunakan tangan lalu disiram dengan santan. Lalu ada juga makanan khas Mandailing lainnya," jelasnya.

Terakhir, acara Haroan Boru ditutup dengan mendengar kata pasu-pasu atau kata-kata yang mengandung restu yang disampaikan oleh pimpinan sidang yang disebut Raja Panusunan.

Seperti diketahui, seusai melaksanakan resepsi pernikahannya di Solo, Jawa Tengah, Bobby dan Kahiyang bakal melaksanakan resepsi kedua di rumah keluarga besar Bobby di Bukit Hijau Regency Perumahan Setiabudi Indah, Medan pada 24-26 November 2017.

Resepsi akan dibagi menjadi dua bagian, yakni resepsi adat dan resepsi umum.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5612 seconds (0.1#10.140)