alexa snippet

Ridwan Kamil Akui Tak Mudah Kumpulkan Parpol Pendukung

Ridwan Kamil Akui Tak Mudah Kumpulkan Parpol Pendukung
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Foto/SINDOphoto/Dok
A+ A-
BANDUNG - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil belum bisa memastikan kapan empat partai politik (parpol) pengusungnya di Pilgub Jawa Barat 2018 bisa duduk bersama. Diakuinya, tidak mudah mengumpulkan para petinggi keempat partai tersebut.

"Tong digurungsuguh (diburu-buru), kan ngumpulin empat partai inohong-inohongnya (para petingginya) enggak mudah," kata Emil, sapaan akrabnya, di Balai Kota Bandung, kemarin.

Adapun keempat partai pengusungnya adalah NasDem, PKB, PPP, dan Golkar. Meski masing-masing sudah menyatakan dukungan dan menyerahkan surat keputusan (SK), belum sekalipun ada pertemuan resmi antara keempat partai pengusung.

Bahkan, terjadi tarik-menarik di antara sesama partai. Masing-masing partai, kecuali NasDem, sama-sama menginginkan kadernya menjadi cawagub pendamping Emil.

PKB menyodorkan nama Syaiful Huda, PPP mengusulkan Uu Ruzhanul Ulum, dan Golkar menginginkan Daniel Muttaqien menjadi cawagub. Emil sendiri belum memutuskan siapa yang akan jadi cawagubnya.

Dia menyerahkan sepenuhnya soal sosok cawagub pada partai koalisi. Semua pihak diharapkan duduk bareng untuk menentukan sosok yang pas dan bisa diterima oleh semua partai.

Emil mengatakan, saat ini sedang diupayakan agar pertemuan partai pengusungnya bisa dilaksanakan dalam waktu dekat. Meski diupayakan secepatnya, dia tidak mau terburu-buru.

"Sedang diproses. Belum (ditentukan waktu pertemuannya). Tenanglah, kan masih Januari (pendaftaran kandidat ke KPU)," ungkapnya.
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top