alexa snippet

Tampar Kades Jambangan, Komandan Kodim Rembang Dinonaktifkan

Tampar Kades Jambangan, Komandan Kodim Rembang Dinonaktifkan
Komandan Korem 073/Makutarama Salatiga Kolonel (Inf) Joni Pardede (kiri) saat memberikan keterangan kepada awak media terkait kejadian penamparan yang dilakukan Komandan Kodim 0720/Rembang. Foto/SINDOnews/Angga Rosa
A+ A-
SALATIGA - Komandan Korem 073/Makutarama Salatiga Kolonel (Inf) Joni Pardede menonaktifkan Komandan Kodim 0720/Rembang Letkol (Inf) Darmawan Setiady. Darmawan dinonaktifkan dari jabatannya lantaran terbukti menampar Kepala Desa Jambangan, Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang M Hilaludin, pada Jumat (10/11/2017).

"Berdasarkan hasil pemeriksaan dan kroscek, kejadian (penamparan) itu benar. Itu terjadi saat acara sosialisasi dana desa oleh Forkopimda di Pendapa Museum RA Kartini Rembang," kata Kolonel (Inf) Joni Pardede kepada wartawan di Makorem 073/Makutarama Salatiga, Minggu (12/11/2017).

Dia menjelaskan, kejadian bermula ketika sosialisasi dana desa yang diadakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang dengan narasumber jajaran Forkopimda, dengan peserta ratusan kepala desa di Rembang. Mulai dari Bupati, Kapolres, menjadi narasumber untuk memberikan pemaparan terkait dana desa yang akan digulirkan oleh pemerintah.

Komandan Kodim 0720/Rembang memperoleh giliran keempat untuk memberi penjelasan tentang dana desa itu. Namun, d isaat memberi penjelasan, Komandan Kodim merasa tidak nyaman karena Kepala Desa Jambangan M Hilaludin kurang memerhatikan. "Kemudian Dandim melakukan perbuatan tidak terpuji itu. Ini dipicu adanya kesalahpahaman," katanya.

Menurut Joni, pascakejadian pihaknya langsung melakukan langkah penanganan. "Saya selaku Komandan Korem langsung kroscek ke lokasi untuk menggali informasi dari Forkopimda. Saya juga perintahkan Dandim Rembang untuk mengikuti pemeriksaan di Kodam," ujarnya.

Dari hasil pemeriksaan dan kroscek itu, lanjut dia, disimpulkan bahwa kejadian itu (penamparan) memang benar dan itu tidak pantas dilakukan oleh seorang prajurit. "Karena itu, kami mengambil sikap tegas dengan menonaktifkan Komandan Kodim 0720/Rembang," ucapnya.

Atas kejadian penamparan itu, Joni menyampaikan permohonan maafnya kepada seluruh kepala desa dan masyarakat Rembang. "Kami berharap kejadian itu tidak ada lagi dan hubungan TNI dengan masyarakat Rembang tetap terjalin dengan baik dan harmonis," tandasnya.

Untuk sementara, jabatan Dandim dipegang oleh Pejabat Sementara ( PS) Letkol (Inf) Teddy Himawan yang saat ini menjabat Kepala Staf Teritorial (Kasiter) Korem 073/Makutarama.
(zik)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top