alexametrics

Jalinsum Sipirok Ambles, Arus Lalu Lintas Menuju Medan Dialihkan

loading...
Jalinsum Sipirok Ambles, Arus Lalu Lintas Menuju Medan Dialihkan
Inilah ruas jalan nasional yang ambles daerah di Sipirok, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Foto/Zia Nasution
A+ A-
TAPANULI SELATAN - Polres Tapanuli Selatan (Tapsel) akhirnya mengalihkan arus lalu lintas menuju Kota Medan menyusul amblesnya badan jalan nasional (jalinsum) di Desa Marsada, Kecamatan Sipirok, Tapanuli Selatan.

Kapolres Tapsel AKBP Muhammad Iqbal mengatakan, bagi kendaraan roda enam atau lebih dari Kota Padangsidimpuan menuju Kota Medan dialihkan ke Gunungtua, Kabupaten Padanglawas Utara (Paluta) dan Kabupaten Labuhan Batu. “Truk bertonase tinggi harus dari Gunungtua dan Labuhan Batu,” ujarnya usai meninjau jalan negara yang ambles tersebut.

Sebaliknya, bagi kendaraan bertonase tinggi yang akan menuju Sipirok dan Kota Medan dialihkan melalui Kota Sibolga. "Kalau jenis kendaraan roda empat bisa melalui Salip Kasih (Tarutung), Kabupaten Tapanuli Utara dan Saipar Dolok Hole (SDH, Kabupaten Tapsel,” jelasnya.



Dia mengatakan, tujuan pengalihan arus lalu lintas tersebut untuk mengantisipasi agar tidak melebarnya badan jalan yang ambles. Polres Tapsel sudah berkoordinasi dengan Polres Tapanuli Utara untuk pengalihan jalan tersebut. Tujuannya agar para pengendara dapat mengetahui kondisi badan jalan yang ambles.

"Polres Tapanuli Utara sudah membuat imbauan agar warga pengguna jalan mengetahui adanya pengalihan jalan," imbuhnya.

Dia berharap kepada seluruh pengendara dan warga pengguna jalan mematuhi imbauan tersebut agar tidak menyebabkan kemacetan parah maupun hal-hal yang tidak diinginkan.

Sebelumnya, Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu mengatakan, amblesnya badan jalan itu akibat curah hujan yang cukup tinggi sejak beberapa hari yang lalu. Kondisi tersebut diperburuk dengan lokasi tersebut dijadikan penimbunan sampah oleh warga Sipirok.

Dia berjanji segera memperbaiki jalan rusak tersebut dan membangun tempat pembuangan akhir (TPA) agar warga tak membuang sampah di sisi jalan itu.
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak