Mengenang Laksamana Malahayati, Pangdam IM Tabur Bunga di Laut

Jum'at, 10 November 2017 - 21:04 WIB
Mengenang Laksamana Malahayati, Pangdam IM Tabur Bunga di Laut
Mengenang Laksamana Malahayati, Pangdam IM Tabur Bunga di Laut
A A A
SABANG - Mengenang sosok perempuan panglima angkatan perang laut Kerajaan Aceh, Laksamana Keumala Hayati (Malahayati), Panglima Kodam Iskandar Muda (IM) Mayjen TNI Moch Fachrudin menggelar upacara dan tabur bunga di Laut Krung Raya, Aceh Besar, Jumat (10/11/2017).

Proses tabur bunga itu berlangsung dari atas kapal perang KRI Teluk Gilimanuk, berjarak sekitar 2 mil dari Pelabuhan Malahayati. Upacara dipimpin langsung Danlanal Sabang Kol Laut Kicky Salvachdie sebagai Inspektur dan Mayor Yoni MK menjadi komandan upacara.

Kapal bergerak dari Pelabuhan Malahayati pada jam 15.00 WIB berjalan pelan hingga jarak dua mil dari pelabuhan. Setiba di sana kapal berhenti untuk melangsungkan proses upacara dan penaburan bunga.

Pangdam IM, Mayjen TNI Moch Fachrudin, mengatakan, proses penaburan bunga dilakukan sebagai bentuk menghargai sosok panglima perang perempuan Laksamana Malahayati yang juga baru saja dinobatkan menjadi Pahlawan Nasional.

"Kita sangat bangga ada putri Aceh Laksamana Malahayati yang dinobatkan sebagai pahlawan Nasional," ujarnya.

Mayjen TNI Moch Fachrudin, menambahkan, pengambilan lokasi tabur bunga lantaran lokasi tersebut merupakan tempat Laksamana Malahayati memimpin pasukannya saat berperang. "Sekarang yang kita naik ini adalah kapal bagus mungkin dulu bukan seperti ini," katanya.

Prosesi penaburan bunga tersebut merupakan serangkaian acara yang telah dilangsukan sejak pagi tadi, sebelum melakukan tabur bunga di laut Krung Aceh, terlebih dahulu dilangsungkan upacara di makam Laksamana Keumalahayi, di Desa Lamreh, Krung Raya, Aceh Besar. Serta doa bersama dengan masyarakat setempat usai salat Jumat.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4890 seconds (0.1#10.140)