Begini Cara Siswa SMK di Kendal Peringati Hari Pahlawan

Jum'at, 10 November 2017 - 09:51 WIB
Begini Cara Siswa SMK di Kendal Peringati Hari Pahlawan
Begini Cara Siswa SMK di Kendal Peringati Hari Pahlawan
A A A
KENDAL - Ratusan siswa sebuah sekolah menengah kejuruan di Kendal, Jawa Tengah, mempunyai cara unik menyambut Hari Pahlawan 10 November. Siswa melakukan kirab perjuangan dengan tema Semangat Pahlawan, Memperkuat Kebinekaan, dan Mempertahankan NKRI.

Jumat (10/11/2017) pagi, ratusan siswa SMK Bina Utama Kendal ini sudah berkumpul di halaman sekolah menunggu diberangkatkan guru berkeliling Kota Kendal. Ada yang berdandan pejuang kemerdekaan, ada juga yang mengenakan baju adat dari berbagai daerah.

Kesenian tradisional juga ikut ditampilkan dalam kirab ini. Tema masing-masing kelas berbeda-beda agar siswa mengenal arti perjuangan pahlawan yang merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

Menurut Kepala SMK Bina Utama Andi Purnomo, kirab ini untuk membangkitkan rasa nasionalisme para siswa dan menumbuhkan semangat mereka dalam belajar. Kirab ini juga mengajak dan menyadarkan masyarakat tentang pentingnya memperingati Hari Pahlawan 10 November.

Risna Kurnia, salah seorang siswa mengatakan, kirab dalam rangka Hari Pahlawan ini sebagai upaya menanamkan rasa cinta kepada Tanah Air dan meneladani nilai-nilai perjuangan pahlawan yang sudah gugur di medan perang.

Rencananya kirab memperingati Hari Pahlawan ini akan menjadi agenda utama sekolah setiap tahun.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5747 seconds (0.1#10.140)