Komisi V Dorong Terminal Liwas di Manado Segera Berfungsi

Kamis, 09 November 2017 - 20:07 WIB
Komisi V Dorong Terminal Liwas di Manado Segera Berfungsi
Komisi V Dorong Terminal Liwas di Manado Segera Berfungsi
A A A
MANADO - Pembangunan Terminal Tipe A Liwas di Manado, Sulawesi Utara (Sulut) dibangun sejak 2012. Terminal ioni ditarget selesai tahun ini dan dioperasikan pada awal 2018.

Sebenarnya saat ini pembangunan telah rampung. Terminal belum dioperasikan karena masih ada kendala pembebasan lahan untuk akses jalan dan masih adanya perumahan warga yang bersebelahan dengan terminal.

"Permasalahan pembebasan lahan untuk akses menuju terminal ini diharapkan segera mendapat jawaban dari pihak-pihak yang berkepentingan, karena terminal ini harus segera difungsikan sebelum rusak lagi,” kata Wakil Ketua Komisi V DPR Anton Sukartono di Manado, Kamis 26 Oktober 2017.

Anton mengatakan, Terminal Liwas sangat dibutuhkan masyarakat dan harus segera dioperasikan agar tidak terbengkalai. Semua pihak, baik pemerintah daerah mulai provinsi maupun pusat harus berkolaborasi mencari solusi terbaik.

Direktur Prasarana Perhubungan Darat Kemenhub Jujun Endah Wahjuningrum menjelaskan, terminal belum bisa dioperasikan karena masih adanya beberapa komitmen yang belum bisa dilaksanakan. Dia berharap kedatangan Tim Kunker Komisi V DPR RI bisa membantu mencarikan solusi.

"Kami sudah menjalankan sesuai komitmen masing-masing, agar terminal bisa dioperasikan sesuai jadual awal tahun 2018. Permasalahan pembukaan jalan akses menuju terminal dan penutupan jalan akses menuju perumahan diharapkan segera diatasi dan pemerintah kota harus segera me-review angkutan kota," ujarnya.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey berjanji akan segera menyelesaikan semua persoalan sehingga terminal segera beroperasi. "Tidak ada yang tidak bisa dilakukan buat kemaslahatan masyarakat luas jika komunikasi terjaga dengan baik," katanya.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6307 seconds (0.1#10.140)