32 Ribu Santri Pasuruan Baca Hafalan Kitab Pecahkan Rekor MURI

Rabu, 08 November 2017 - 05:34 WIB
32 Ribu Santri Pasuruan Baca Hafalan Kitab Pecahkan Rekor MURI
32 Ribu Santri Pasuruan Baca Hafalan Kitab Pecahkan Rekor MURI
A A A
JAKARTA - Puluhan ribu santri dari pelosok Pasuruan, Jawa Timur berhasil memecahkan rekor MURI dalam membacakan hafalan kitab. Pembacaan itu diikuti oleh 32 ribu santri.

Pemecahan rekor hafalan Nadzom Aqidatul Awam dan Aqoid 50 tersebut digelar dalam acara Semarak Heroik Santri sebagai puncak peringatan Hari Santri Nasional yang digelar di Taman Budaya Candra Wilwatikta, Pandaan, Pasuruan, Selasa (7/11/2017).

Pantauan di lapangan, hafalan kitab dilakukan dengan cara dinyanyikan dan diiringi musik. Suasana pemecahan rekor berlangsung lebih semarak karena para peserta melambaikan bendera Merah Putih ukuran kecil saat melantunkan hafalan kitab.

Perwakilan dari MURI, Hariani Siregar mengatakan, pihaknya sudah mencatat hafalan kitab tersebut dan memutuskan kegiatan tersebut masuk rekor sebagai hafalan Nadzom Aqidatul Awam dan Aqoid 50 dengan jumlah terbanyak yakni 32.000 santri.

"Rekor pertama diraih Bupati Pasuruan HM Irsyad Yusuf sebagai pemrakarsa hafalan Nadzom Aqidatul Awam dan Aqoid 50 dengan jumlah terbanyak yakni 32.000 santri. Sedangkan rekor kedua kepada Ketua Lembaga Pendidikan Maarif Kabupaten Pasuruan KH Mujib Imron sebagai penyelenggara," kata Hariani.

Sementara, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar yang menghadiri acara ini mengatakan, Hari Santri merupakan salah satu catatan sejarah bagi santri di Indonesia. Dia mengharapkan kegiatan ini tetap eksis serta bisa memajukan bangsa dan negara.

Selain Muhaimin Iskandar, turut hadir dalam pemecahan rekor tersebut Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf, Bupati Pasuruan HM Irsyad Yusuf, Ketua DPRD Jatim Abdul Halim Iskandar, dan sejumlah tokoh agama.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6662 seconds (0.1#10.140)