alexa snippet

Cuaca Buruk di Batam, Tiga Pesawat Gagal Mendarat Sesuai Jadwal

Cuaca Buruk di Batam, Tiga Pesawat Gagal Mendarat Sesuai Jadwal
Hujan deras yang melanda Kota Batam sejak Selasa pagi (7/11/2017) sempat menganggu sejumlah aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Hang Nadim Batam. Foto Koran SINDO/M Arief
A+ A-
BATAM - Hujan deras yang melanda Kota Batam sejak Selasa pagi (7/11/2017) sempat menganggu sejumlah aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Hang Nadim Batam. Akibatnya tiga pesawat asal Surabaya, Pontianak dan Jakarta tidak bisa mendarat sesuai jadwal.

Informasi yang didapat, tiga pesawat tersebut diantaranya Lion Air JT 971 B-737.900 asal Pontianak yang seharusnya mendarat pukul 10.20 WIB, baru bisa mendarat sekitar pukul 11.20 WIB.

Kemudian Lion Air JT 958 B-737.800 asal Pontianak yang seharusnya mendarat pukul 10.15 WIB, baru bisa mendarat sekira pukul 11.17 WIB. Selanjutnya Garuda Indonesia GA 152 B.737-800 asal Jakarta yang seharusnya mendarat pukul 10.50 WIB, baru bisa mendarat sekira pukul 11.23 WIB.

"Cuaca tadi pagi memang kurang baik, jarak pandang dibawah 500 meter. Jadi pilot tidak mau ambil resiko dan memilih berputar di atas," kata General Manager Operasional Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso.

Meskipun Bandara Internasional Hang Nadim Batam sebenarnya dilengkapi dengan alat bantu pendaratan (ILS) yang memudahkan pilot mengendalikan pesawat saat cuaca buruk, namun sejumlah pilot tidak mau mengambil resiko besar.

"Tidak ada yang dialihkan ke bandara terdekat lainnya, mereka hanya meminta izin untuk berputar diatas awan sambil menunggu cuaca memungkinkan untuk mendarat," katanya.

Suwarso mengatakan, sekitar pukul 11.20 WIB hujan mulai reda, jarak pandang terus membaik sehingga jadwal penerbangan kembali berjalan normal. Aktivitas penerbangan yang sempat terganggu kembali normal dan kondusif.

"Untuk saat ini semua sudah kembali normal. Hujan juga sudah berhenti meskipun langit mendung hampir satu hari penuh," kata Suwarso.
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top