Banyak Orang Brasil Kagum dengan Penyelenggaraan Piala Dunia U-17 di Indonesia

Minggu, 19 November 2023 - 12:02 WIB
loading...
Banyak Orang Brasil Kagum dengan Penyelenggaraan Piala Dunia U-17 di Indonesia
Mantan juru taktik tim nasional Indonesia, Jacksen F. Tiago menyampaikan bahwa banyak masyarakat Brasil cukup kagum dengan Piala Dunia U-17 di Indonesia. / Foto: LOC
A A A
SURABAYA - Mantan juru taktik tim nasional Indonesia, Jacksen F. Tiago menyampaikan bahwa banyak masyarakat Brasil cukup kagum dengan Piala Dunia U-17 di Indonesia. Disebutkannya jika berbagai persiapan cukup matang yang membuat fasilitas stadion mumpuni untuk ajang itu.

Pesta sepak bola dunia U-17 digelar di empat stadion, yakni Jakarta International Stadium (JIS), Stadion Si Jalak Harupat (SJH) Bandung, Stadion Manahan Solo, Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya. Ajang itu berlangsung pada 10 November-2 Desember 2023.

Jacksen bisa menjadi saksi akhirnya Indonesia mampu membawa Piala Dunia ke negara ini, meskipun U-17. Menurutnya, hal tersebut patut disyukuri karena menjadi kesempatan berharga untuk sepak bola Indonesia.



"Kawan-kawan di Brasil hampir setiap hari kirim WA, kagum dengan stadion dan bangsa Indonesia bisa menggelar Piala Dunia dengan begitu luar biasa," kata Jacksen dalam keterangan, Sabtu, 18 November 2023.

"Kita harus memberi pujian kepada seluruh pelaku sepak yang terlibat mulai dari pemain, media, suporter, dan pemerintah Indonesia yang melakukan gerakan luar biasa. Dengan piala dunia ini, anak-anak usia 5, 6, 7 tahun saya yakin akan punya cita-cita mewakili bangsa Indonesia lewat sepak bola," katanya lagi.

Pria berdarah Brasil itu menambahkan, Piala Dunia U-17 menjadi momen penting sekaligus inspirasi bagi banyak anak-anak Indonesia. Hal itu agar mereka termotivasi menjadi pemain bola hebat serta dapat bersaing di level internasional.

"Saya seorang pelaku sepak bola Indonesia mengamati semua penilaian dari wartawan, teman-teman pelatih, atau pemain. Saya meskipun lama di Indonesia, tetap mengamati dari sudut pandang orang asing, karena saya masih berpaspor Brasil," ungkap Jacksen.



"Sebenarnya sungguh luar biasa, harapan kita semua main di kandang, kita harus tahu ini bukan sepak bola Asia, ini level tertinggi di usia mereka. Mereka (timnas Indonesia U-17) menghadapi negara yang jelas lebih maju. Asa Timnas Indonesia U-17 bermain di Piala Dunia akan memberikan dampak kepada generasi berikutnya. Kemajuan yang terjadi di Indonesia sungguh luar biasa," pungkasnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3229 seconds (0.1#10.140)