Apa yang Tertulis di Dahi Dajjal? Simak Penjelasannya

Kamis, 16 November 2023 - 17:43 WIB
loading...
Apa yang Tertulis di Dahi Dajjal? Simak Penjelasannya
Di antara ciri fisik Dajjal yaitu di antara kedua matanya tertulis Kaf-Fa-Ra (kafir) yang dapat dibaca oleh setiap muslim. Foto ilustrasi/Channel Theneedforcred
A A A
Dajjal merupakan sosok manusia pendusta yang telah diperingatkan Rasulullah ﷺ kepada umatnya. Ia bisa dikenali oleh orang beriman lewat ciri-ciri fisiknya.

Salah satu ciri fisik Dajjal (ٱلدَّجَّالُ) yang disebutkan oleh Rasulullah yaitu di antara kedua matanya tertulis كَافِر (kafir). Tulisan ini yang hanya dapat dilihat oleh orang yang bertakwa. Adapun tulisan yang terdapat di dahi Dajjal terdiri dari tiga huruf Arab, yaitu kaf-fa-ra (ك ف ر) yang dibaca Kafir.

Menurut Buku "Tanda-Tanda Kiamat" karya Atho'illah Umar, ciri-ciri tersebut diketahui dari Hadits berikut:

إِنَّهُ مَكْتُوبٌ بَيْنَ عَيْنَيْهِ كَافِرٌ يَقْرَؤُهُ مَنْ كَرِهَ عَمَلَهُ

Artinya: "Pada dahinya terdapat tulisan 'Kafir', yang dapat dibaca oleh setiap orang yang membenci perbuatannya." (HR Muslim)

Riwayat lain datang dari Anas bin Malik, Nabi ﷺ bersabda:

مَا مِنْ نَبِيٍّ إِلَّا قَدْ أَنْذَرَ أُمَّتَهُ الْأَعْوَرُ الْكَذَّابَ إِنَّهُ أَعْوَرُ وَإِنَّ رَبَّكُمْ لَيْسَ بأَعْوَرَ مَكْتُوبٌ بَيْنَ عَيْنَيْهِ كَافِرٌ

Artinya: "Tidak ada seorang Nabi pun kecuali telah benar-benar memperingatkan umatnya mengenai si picak pendusta itu. Ketahuilah, sesungguhnya dia buta, sedang Tuhanmu benar-benar tidak buta. Di antara kedua mata si picak itu tertulis 'Kafir'." (HR Muslim)

Masih dari riwayat dari Anas bin Malik, ia berkata bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

الدَّجَّالُ مَمْسُوحُ الْعَيْنِ مَكْتُوبٌ بَيْنَ عَيْنَيْهِ كَافِرٌ ثُمَّ تَهَجَّاهَا 'كَ ف ر' يَقْرَؤُهُ كُلِّ مُسْلِم.

Artinya: "Di antara kedua matanya tertulis 'Kafir'. Kemudian beliau mengejakan kepada kami kata-kata 'Kafir' (Ka Fa Ra) itu. (Dan beliau katakan): "Tulisan 'Kafir' itu dapat dibaca oleh setiap muslim." (HR Muslim)

Tulisan itu nyata, bukan sekadar majas, sebagaimana yang disebutkan Atho'illah Umar dari kitab Syarah al-Nawawi li Muslim berikut: "Tulisan tersebut nyata dan ia adalah tulisan sebenarnya. Allah menjadikan tanda itu untuk menyingkap kekufuran dan kebohongannya.

Hal itu akan ditampakkan kepada setiap umat Islam, baik yang pandai baca tulis atau buta huruf. Namun, Allah tidak menampakkan tanda itu bagi golongan kaum yang akan Allah celakakan, dan itu tidak mustahil bagi Allah Ta'ala.

Abu Fatiah Al-Adnani dalam Buku "Fitnah dan Petaka Akhir Zaman", ada yang berpendapat bahwa kondisi Dajjal pada awal munculnya tidak langsung matanya buta dan nampak tanda 'Kafir' di dahinya.

Lantaran bila ciri-ciri tersebut telah ada sejak keluarnya Dajjal, kaum muslim akan menghindarinya. Tapi Nabi ﷺ justru menyebut bahwa golongan umat Islam banyak yang menjadi pengikutnya.

Wallahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2027 seconds (0.1#10.140)