Ferrari SF90 XX Stradale Pecahkan Rekor Kecepatan Terbaru di Fiorano

Kamis, 16 November 2023 - 06:42 WIB
loading...
Ferrari SF90 XX Stradale Pecahkan Rekor Kecepatan Terbaru di Fiorano
Para pembeli Ferrari SF90 XX Stradale pasti senang mendengar kabar mobil ini memecahkan rekor waktu tercepat di sirkuit Fiorano, Maranello, Italia. Foto/Ferrari/Carscoops
A A A
ROMA - Para pembeli Ferrari SF90 XX Stradale pasti senang mendengar kabar mobil ini memecahkan rekor waktu tercepat di sirkuit Fiorano, Maranello, Italia. Stradale (coupe) mencatat waktu putaran 1:17.309, atau 1,4 detik lebih cepat dari pemegang rekor sebelumnya, SF90 reguler dengan paket opsional Assetto Fiorano.

Rekor kecepatan SF90 XX untuk menempuh satu putaran yang mengesankan ini ditorehkan pada 16 Oktober di hadapan media dan perusahaan spesialis yang mensertifikasi rekor kecepatan baru. Agen spesialis olahraga motor pihak ketiga mengukur waktu dan telemetri.

Mobil tersebut dikendarai oleh Raffaele de Simone, Head of Development Test Driving Ferrari. SF90 XX dilengkapi dengan roda serat karbon ringan dan ban Michelin Cup2R, yang legal digunakan di jalan raya dan tersedia untuk pelanggan.



Setelah tugasnya selesai, SF90 XX Stradale ini akan dipajang di Museum Ferrari di Maranello mulai tanggal 15 Desember. Mobil ini akan disandingkan dengan berbagai kendaraan unik lain yang memiliki rekor kecepatan.

“Kami berharap rekor baru ini akan meyakinkan 799 pemilik SF90 XX Stradale untuk benar-benar memacu kendaraan mereka daripada memarkirnya di garasi. Mobil ini dibuat secara eksplisit untuk tujuan ini dan merupakan mobil pertama yang legal di jalan raya memakai lencana XX yang terkenal,” tulis laman Carscoops, Kamis (16/11/2023).
Ferrari SF90 XX Stradale Pecahkan Rekor Kecepatan Terbaru di Fiorano


Mobil dengan lencana XX sebelumnya termasuk Ferrari FXX-K Evo, 599XX, dan FXX, yang menggunakan Enzo sebagai basisnya. Pembelajaran dari proyek-proyek ini menghasilkan mobil jalan raya yang luar biasa dalam program Seri Khusus.

Contoh paling terkenal adalah 812 Competizione, mobil perusahaan pembalap F1 Ferrari Carlos Sainz. Kehadiran SF90 XX adalah mobil yang benar-benar istimewa dengan banyak peningkatan dan mendapatkan tempat di antara yang terhebat.



Untuk memahami konteks putaran ini, kita perlu melihat lebih dekat trek Fiorano. Diketahui, Enzo Ferrari mengutamakan balap, dan dia membangun sirkuit Fiorano 51 tahun yang lalu. Ini adalah sirkuit FIA Grade 1T sepanjang 1,862 mil atau 2,996 km.

Ferrari menggunakannya untuk mengembangkan mobil jalan raya dan mobil F1 yang akan bersaing di Las Vegas akhir pekan ini. Michael Schumacher masih yang abadi memegang rekor dengan catatan waktu 0:55.999 yang dicetak menggunakan Ferrari F2004.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1710 seconds (0.1#10.140)