Ganjar Minta Karang Taruna Ikut Perangi Kemiskinan

Jum'at, 27 Oktober 2017 - 09:13 WIB
Ganjar Minta Karang Taruna Ikut Perangi Kemiskinan
Ganjar Minta Karang Taruna Ikut Perangi Kemiskinan
A A A
PEMALANG - Seluruh kekuatan masyarakat, termasuk Karang Taruna, harus bergotong royong untuk memerangi kemiskinan di Jawa Tengah. Karena itu, Karang Taruna pun harus terlibat aktif dalam beragam program pembangunan dari tingkat desa hingga tingkat provinsi bahkan dalam skala nasional.

Hal itu ditegaskan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo pada Upacara Bulan Bakti Karang Taruna di Desa Clekatakan, Pulosari, Pemalang, Jawa Tengah, Kamis (26/10/2017).

"Karang Taruna harus mengubah paradigma, tidak lagi hanya sebagai pelengkap dalam acara seremonial, tapi aktif terlibat pada kegiatan konkret yang bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," kata Ganjar.

Pada tingkat desa, kata Ganjar, anggota Karang Taruna bisa berpartisipasi dalam musyawarah perencanaan pembangunan desa, pemetaan potensi, dan peningkatan sumber daya manusia. "Bisa aktif dalam relawan tanggap bencana, pendampingan UMKM atau program kesehatan seperti penurunan angka kematian ibu dan bayi," ujarnya.

Selain itu, lanjut Ganjar, Karang Taruna juga bisa menjadi pagar betis negara dalam melawan radikalisme dan penyebaran narkoba serta berperan aktif dalam pertahanan keamanan.

Bulan Bakti Karang Taruna Jateng diikuti perwakilan Karang Taruna dari 35 kabupaten/kota. Selain konsolidasi antardaerah, juga diisi dengan kerja bakti dan pembangunan rumah tidak layak huni (RTLH).
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4977 seconds (0.1#10.140)