alexametrics

Pesawat Tempur Pantau Kebakaran Hutan dan Lahan di Riau

loading...
Pesawat Tempur Pantau Kebakaran Hutan dan Lahan di Riau
Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin Pekanbaru mengerahkan pesawat tempur F-16 untuk memantau kebakaran hutan dan lahan di Riau. Hasilnya, ditemukan titik kebakaran. Foto/Istimewa/Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru
A+ A-
PEKANBARU - Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin Pekanbaru mengerahkan pesawat tempur untuk memantau kebakaran hutan dan lahan di Riau. Hasilnya, ditemukan titik kebakaran.

Berdasarkan pemantauan dari udara, ditemukan titik kebakaran di wilayah Tapung, Kabupaten Kampar. Terlihat kepulan asap membubung. Saat ini Satgas Penanggulangan Kebakaran dan Lahan sudah ke lokasi untuk menjinakkan kebakaran.

Dalam melakukan pemantauan kebakaran hutan dan lahan, Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru menggunakan Pesawat F-16 dari Skuadron Udara 16. Pemantaun kebakaran melalui udara merupakan perintah dari Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.



"Ini instruksi dari Mabes TNI AU untuk senantiasa melaksanakan upaya-upaya untuk mencegah kebakaran di Riau. Salah satunya dengan melakukan pemantauan udara. Jadi kebakaran bisa dicegah secara dini," ucap Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru Marsma TNI Age Wiraksono, Kamis (26/10/2017).

Komandan Skuadron 16 Letkol Pnb Nur Alimi mengatakan, pemantauan kebakaran sekaligus juga untuk meningkatkan latihan tempur.

"Jadi kita mengombinasikan pemantauan dengan latihan rutin yang dilaksanakan oleh Skuadron Udara 16. Area yang dipantau semua wilayah Riau," tandasnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi hari ini ada 58 titik panas (hot spot) di Pulau Sumatera. Sebanyak tujuh di antaranya berada di Provinsi Riau.
(zik)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak