alexa snippet

Gunung Agung Berstatus Awas

Pastika Nyatakan Bali Aman Dihadapan Konjen Uni Eropa

Pastika Nyatakan Bali Aman Dihadapan Konjen Uni Eropa
Gubernur Bali I Made Mangku Pastika saat bertemu dengan rombongan Konjen Uni Eropa di Kantor Gubernur Bali, Renon, Denpasar, Senin (23/10/2017). Foto SINDOnews/Kis K
A+ A-
DENPASAR - Gubernur Bali I Made Mangku Pastika menyatakan Pemprov Bali siap menghadapi kemungkinan terburuk mengenai Gunung Agung yang masih berstatus Awas. Hal tersebut diungkapkannya saat bertemu dengan para rombongan Konjen Uni Eropa yang dipimpin oleh Kepala Deputi Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darusalam, Charles-Michel Geurts di Kantor Gubernur Bali, Renon, Denpasar, Senin (23/10/2017).

Dia menyatakan, jika saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah telah bersinergi dengan Badan Penanggulangan Bencana Nasional dalam upaya menghadapi berbagai kemungkinan terburuk dari dampak bencana Gunung Agung jika jadi meletus.

“Berbagai upaya contigency plan telah kami siapkan jika Gunung Agung jadi meletus. Sejumlah rumah sakit serta ambulans juga sudah siap, jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan,” katanya.

Dia menjelaskan, bahwa jika daerah terdampak bencana berada dalam radius 12 km dari Gunung Agung, jadi banyak tempat wisata di Bali yang sangat aman oleh dampak bencana tersebut. Pihaknya menjamin keamanan warga negara Uni Eropa yang bermukim ataupun berlibur di Bali.

Sebelumnya Charles-Michel menanyakan tentang keamanan Bali terkait dengan aktivitas Gunung Agung yang semakin meningkat.

Hal itu menurutnya sebagai bentuk tanggung jawabnya, mengingat begitu banyak warga negara dari Uni Eropa yang menetap ataupun berwisata di Bali. Warga negara Uni Eropa berjumlah sekitar 500 juta jiwa dan sekitar 10%nya menjadikan Bali sebagai destinasi wisata favorit.

Untuk itu dia berharap pemerintah pusat maupun Bali bisa menjamin keamanan warganya di sini. Ditambahkannya, Pemprov Bali juga diharapkan selalu berkoordinasi dengan konjen-konjen yang ada di Bali terkait kondisi Gunung Agung terbaru, agar para konjen juga bisa memperingati warganya.
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top