10 Politeknik Swasta Terbaik di Indonesia yang Tak Kalah dengan Kampus Vokasi Negeri

Senin, 13 November 2023 - 11:48 WIB
loading...
10 Politeknik Swasta Terbaik di Indonesia yang Tak Kalah dengan  Kampus Vokasi Negeri
Politeknik Politeknik Caltex Riau yang berlokasi di Jl. Umban Sari ( Patin ) No. 1, Rumbai, Umban Sari, Kec. Rumbai, Kota Pekanbaru menjadi salah satu politeknik swasta terbaik di Indonesia menurut data Kemendikbudristek. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 10 politeknik swasta terbaik di Indonesia berdasarkan skor yang dibuat Kemendikbudristek. Pendidikan vokasi atau politeknik saat ini makin diminati calon mahasiswa karena menjadikan lulusan cepat mendapat kerja.

Hal ini tidak terlepas dari kurikulum politeknik yang mendasarkan pada pendidikan vokasi yakni pendidikan yang lebih banyak mengajarkan praktik dibanding teori. Artikel kali ini secara khusus akan membahas 10 politeknik swasta terbaik di Indonesia menurut Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek)

10 Politeknik Swasta Terbaik di Indonesia Berdasarkan Skor Kemendikbudristek


1. Politeknik Caltex Riau – Riau (1.573)


Politeknik swasta terbaik di Indonesia yang pertama adalah Politeknik Caltex Riau. Kampus yang beralamat di Jl. Umban Sari ( Patin ) No. 1, Rumbai, Umban Sari, Kec. Rumbai, Kota Pekanbaru, Riau ini dibangun atas kerjasama antara Pemerintahan Provinsi Riau dengan PT Chevron Pacific Indonesia pada tahun 2001.

Dari 2001 hingga sekarang, Politeknik Caltex Riau telah memiliki 8 program studi. Program-program tersebut adalah D3-Teknik Komputer, D3-Teknik Elektronika, D3-Teknik Mekatronika, D3-Teknik Telekomunikasi, D3-Akuntansi, D4-Teknik Informatika, D4-Sistem Informasi, dan D4-Teknik Elektronika Telekomunikasi.

2. Politeknik Darussalam – Palembang (1.494)


Politeknik Darussalam berlokasi di Jalan Basuki Rahmat No.1608 E-F Kec. Kemuning – Kota Palembang – Prov. Sumatera Selatan. Politeknik Darussalam Palembang telah berdiri sejak tahun 2001.

Hingga saat ini telah memiliki setidaknya 5 program studi di mana empat diantaranya adalah program D3 dan satu diantaranya adalah program D4. Program-program tersebut adalah D3 Usaha Perjalanan Wisata, D3 Administrasi Niaga, D3 Akuntansi, D3 Paralegal, dan D4 Administrasi Bisnis Internasional.

3. Politeknik Komputer Niaga LPKIA – Bandung (1.451)


Politeknik swasta terbaik berikutnya ada di kota kembang Bandung. Ialah Politeknik Komputer Niaga LPKIA – Bandung yang ternyata menyatu dengan sebuah STMIK dengan nama yang sama. Kampusnya berlokasi di Soekarno-Hatta St No.456, Batununggal, Bandung Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat.

Hingga saat ini LPKIA Bandung delah memiliki 4 program studi yang diantaranya adalah D1 Komputer Administrasi Perkantoran, D3 Manajemen Informatika, D3 Komputerisasi Akuntansi, dan D3 Administrasi Binis. Lalu untuk STMIK-nya memiliki 2 program studi yaitu S1 Teknik Informatika dan S1 Sistem Informasi.

4. Politeknik LP31 Bandung (1.376)


Siapa yang tidak kenal dengan LP3I? Ini adalah satu-satunya Politeknik swasta yang promonya lumayan gencar hingga muncul di televisi nasional. Kampusnya pun sudah tersebar di seluruh nusantara. Khusus untuk yang di Bandung, kampusnya beralamat di Jl. Pahlawan No.59, Sukaluyu, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat.



Berdiri sejak tahun 2001, hingga saat ini Politeknik LP3I Bandung telah memiliki banyak sekali program studi yang terkategorikan dalam 4 bidang yaitu Engineering, Finance, Technology, Marketing, dan Business. Masing-masing bidang menawarkan program studi pendidikan 2 tahun siap kerja dan D3 serta D4.

5. Politeknik Manufaktur Ceper – Klaten (1.355)


Kampus ini berlokasi di Batur, Tegalrejo, Ceper, Klaten 57465 Jawa Tengah. Saat ini telah mengantongi akreditasi B dari BAN-PT.
Untuk program studi yang tersedia di Politeknik Manufaktur Ceper hingga saat ini hanya ada 2 yaitu program studi Teknologi Pengecoran Logam dan Program Studi Manajemen Industri. Ayo, calon mahasiswa Klaten daftar ke Politeknik ini!

6. Politeknik Ubaya – Surabaya (1.341)


Politeknik ini merupakan salah satu politeknik swasta yang sejarahnya lumayan panjang mulai dari thaun 1968. Dulu namanya adalah Universitas Surabaya dan hanya memiliki 3 fakultas yaitu fakultas farmasi, fakultas hukum, dan fakultas ekonomi.

Sekarang, Politeknik Ubaya sudah memiliki banyak program studi yang terdiri dari 4 kategori besar jenjang pendirikan. Jenjang pendirikan tersebut adalah Program Diploma (D3), Program Sarjana (S1), Program Magister (S2), dan Program Pendidikan Profesi. Program studinya beragam mulai dari bisnis, teknologi, hingga multimedia.

7. Politeknik API Yogyakarta (1.205)


Politeknik API Yogyakarta berlokasi di JL Wisata Babarsari TB XV/15 Yogyakarta, Tambak Bayan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Program studinya hanya ada 3 yang fokus pada industri pariwisata dan juga perpajakan. Program studi tersebut ialah Bina Wisata, Perhotelan, dan Perpajakan. Politeknik API Yogyakarta juga memiliki sejarah panjang karena telah berdiri sejak tahun 1971.

8. Politeknik Piksi Ganesha – Bandung (1.170)


Politeknik Piksi Ganesha berlokasi di Jl. Gatot Subroto No.301, Maleer, Kec. Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat. Telah berdiri sejak tahun 2004, Politeknik yang juga dikenal dengan sebutan kampus Ungu ini memiliki 3 fakultas. Fakultas-fakultas tersebut adalah fakultas Ekonomi dan Bisnis, fakultas IT dan Komputer, dan fakultas Kesehatan. Masing-masing fakultas menawarkan program studi jenjang pendidikan D3 dan D4.

9. Politeknik ATMI – Surakarta (1.139)


ATMI Surakarta berlokasi di Jl. Adi Sucipto No.KM 9.5, Blukukan Dua, Blulukan, Kec. Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Kampus yang telah berdiri sejak tahun 1968 ini berfokus pada bidang teknologi.

Hingga saat ini Politeknik ATMI – Surakarta telah memiliki 5 program studi. 3 diantaranya merupakan jenjang D3 yaitu Teknik Mesin Industri, Teknik Mekatronika, dan Teknik Perancangan Mekanik dan Mesin. Lalu, untuk program jenjang D4-nya ada Perancangan Manufaktur dan Rekayasa Teknologi Manufaktur.

10. Politeknik Sakti Surabaya (1.128)


Politeknik Sakti Surabaya berlokasi di Jl Jemursari Selatan IV No 3 Kota Surabaya – Prov. Jawa Timur. Berdiri sejak tahun 2002, Politeknik ini memiliki 4 program studi jenjang D3. Program-program studi tersebut adalah D3 Administrasi Niaga, D3 Teknik Elektronika, D4 Teknik Komputer, dan D3 Teknik Mesin.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1167 seconds (0.1#10.140)