Ribuan Wanita Banten Dites Kanker Serviks dan Payudara

Kamis, 19 Oktober 2017 - 17:07 WIB
Ribuan Wanita Banten Dites Kanker Serviks dan Payudara
Ribuan Wanita Banten Dites Kanker Serviks dan Payudara
A A A
SERANG - Sebanyak 1.500 wanita di Provinsi Banten diperiksa guna mengantisipasi penyakit kanker serviks dan payudara yang diselenggarakan oleh Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) wilayah Banten di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Banten.

Wakil Ketua IAD Kejagung RI Tuti Nurahmat mengatakan, pelaksanaan pemeriksaan dilakukan guna mendekteksinsecara dini penyakit berbahaya bagi kaum wanita tersebut. Sebab, kanker serviks dan payudara merupakan penyumbang tertinggi angka kematian ibu didunia.

"Penyakit kanker serviks dan payudara ini bagi seorang ibu sangat berbahaya dan mematikan. penyakit ini riskan bagi seorang ibu," ujar Tuti kepada wartawan saat menghadiri acara Deteksi Dini wujudkan wanita indonesia bebas kanker serviks dan payudara , Kamis (19/10/2017).

Untuk itu, pihaknya terus membantu program pemerintah dengan melakukan bakti sosial memberikan pemeriksaan secara gratis kepada masyarakat.

"Kegiatan pemeriksaan di Banten ini diikuti 1500 perempuan. Sebelumnya di wilayah Lampung, Jawa Tengah, Jawa Timur, sudah dilakukan secara serentak," katanya.

Dirinya berharap, seluruh wanita di Banten melakukan langkah-langkah pencegahan secara dini, dengan memeriksaan kesehatannya terutama kanker serviks dan payudara. "Jangan pernah malu sebelum terlambat," tutupnya.

Salah satu warga Nasriah (42) mengaku belum pernah melakukan pemeriksaan kanker serviks dan payudara Apalagi, warga Tanara, Kabupaten Serang juga diberikan ilmu deteksi penyakit mematikan tersebut.

"Kalau sudah ikut ini nanti keluarga saudara mau diajak buat periksa, terus dipraktekin gerakan gerakan (deteksi kanker serviks dan payudara) yang tadi diajarin," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4509 seconds (0.1#10.140)