alexa snippet

Pesawat Caravan Milik Pemda Mimika Tergelincir di Bandara Sentani

Pesawat Caravan Milik Pemda Mimika Tergelincir di Bandara Sentani
Pesawat Asian One Air jenis Karavan dengan nomor registrasi PK LTV milik Pemda Mimika, tergelincir keluar area runway, Bandar Udara Kelas 1 Utama Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (18/10/2017). Foto/Istimewa
A+ A-
SENTANI - Pesawat Asian One Air jenis Karavan dengan nomor registrasi PK LTV milik Pemda Mimika, tergelincir keluar area runway, Bandar Udara Kelas 1 Utama Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (18/10/2017).

Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal dalam rilisnya yang diterima SINDOnews mengatakan, pesawat Asian One Air jenis Caravan PK LTV pukul 17.10 WIT tergelincir keluar, ke arah kiri dari taxi way.

Dari kronoligis kejadian yang didapatkan Polda Papua, menurut Kamal, berawal sekitar pukul 17.07 Wit, Capten Pilot pesawat Asian One Air jenis Caravan PK LTV menghubungi Tower ATC meminta izin untuk melaksanakan Perbaikan Swing Compas di area taxi way.

Selanjutnya pada pukul 17.10 wit pesawat Asian One Air jenis carvan melakukan perbaikan swing kompas di area taxy way Bandara Sentani, dan pada saat akan melakukan kalibrasi kompas (pengecekan kembali) tiba-tiba system break (rem) tidak berfungsi normal sehingga pesawat tergelincir keluar ke arah kiri dari taxi way.

Pukul 17.16 Wit, pos jaga Paskhas yang berada di Runway 30 menghubungi tower ATC dan Posko Pam Avsec Bandara untuk menginformasikan ada pesawat yang masuk ke parit di Area Taxi F Run Way 30.

Mendapat informasi tersebut, personel Polsek Kawasan Bandara Sentani bersama anggota Posko Pam Bandara dipimpin Kapolsek Kawasan Bandara Sentani Ipda Baharudin Buton mendatangi TKP di Areal Taxi F Runway 30. Pada pukul 17.20 Wit Pilot dan Crew di evakuasi ke Hanggar Tariku.

Pesawat Asian One Air jenis Karavan PK LTV milik Pemda Mimika berhasil di evakuasi pada pukul 20.30 Wit dan langsung dimasukkan ke Hanggar Tariku. Akibat insiden tersebut pilot dan crew mengalami luka ringan lecet pada kaki dan tangan.

Identitas Crew :
1. Pilot Zelda
2. Prihantoro (Tehknik)
3. Ridwan (Tehknik)
4. Petrus (Tehknik).

Tindakan kepolisian yang telah dilakukan yakni menerima laporan, mendatangi TKP, melakukan koordinasi dengan pihak terkait dan mengevakuasi Pilot serta Crew ke Hanggar Tariku.
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top