Pantau Kawah Gunung Agung PVMBG akan Pasang Alat Sensor Emisi Gas

Selasa, 17 Oktober 2017 - 13:52 WIB
Pantau Kawah Gunung Agung PVMBG akan Pasang Alat Sensor Emisi Gas
Pantau Kawah Gunung Agung PVMBG akan Pasang Alat Sensor Emisi Gas
A A A
KARANGASEM - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM akan memasang sensor emisi gas untuk memantau Kawah Gunung Agung di Karangasem, Bali. Upaya ini dilakukan karena drone yang didatangkan dari Jakarta untuk merekam aktivitas Gunung Agung hingga sampai saat ini belum berhasil merekam. Beberapa kali drone tersebut sudah diterbangkan, namun gagal dan hari ini akan dicoba lagi.

Kepala Bidang Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, PVMBG Kementrian ESDM, I Gede Suantika mengatakan, drone itu akan diterbangkan lagi sampai mendapatkan rekaman gambar yang diinginkan. Dia menyatakan, bahwa pengambilan gambar menggunakan drone yang sebelumnya gagal.

“Akan diterbangkan kembali. Rekaman drone itu harus mampu mencapai kawah dan merekam gambar kondisi kawah. Jika tidak nanti kami akan pasang alat sensor emisi gas. Karena sampai saat ini kita belum bisa memantau perubahan kawah,” katanya, Selasa (17/10/2017).

Dikabarkan sebelumnya bahwa pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana telah menerjunkan lima unit drone dengan spesifikasi berbeda.

Diantaranya ada tiga unit drone fixed wing yaitu Koax 3:0, Tawon 1.8 dan Mavic, sedangkan 2 unit drone jenis rotary wing adalah multi rotor M600 dan Dji Phantom.

Saat pertama kali diterbangkan drone tersebut rusak pada kameranya. Kemudian pesawat kecil tanpa awak itu diterbangkan kembali namun justru menabrak jembatan kuning.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5526 seconds (0.1#10.140)