Waspada! Penipu Modus Jadi Orang Kaya Incar Janda di Jambi

Sabtu, 11 November 2023 - 11:08 WIB
loading...
Waspada! Penipu Modus Jadi Orang Kaya Incar Janda di Jambi
Sejumlah emak-emak menjadi korban modus penipuan di Jambi. Foto/Ilustrasi
A A A
JAMBI - Sejumlah emak-emak di Jambi mengaku tertipu jutaan rupiah oleh seorang pria yang tidak jelas identitasnya. Pasalnya dalam melakukan aksinya, pria tersebut mengaku sebagai orang kaya dan businessman serta bekerja di tambang batu bara.

Akibatnya, harta harta benda milik korban yang jumlahnya hingga jutaan rupiah berhasil dibawa kabur pelaku. Ironisnya, emak-emak yang berhasil ditipu daya oleh pelaku rata-rata adalah seorang janda.

Anak salah seorang korban bernama EEL (50), yakni BL warga Kecamatan Kotabaru, Kota Jambi mengatakan, pelaku saat berkenalan dengan ibunya mengaku bernama Zulkifli. Namun, pria tersebut tidak pernah memberikan alamat tempat tinggalnya meski sering didesak.



”Saat pertama kali sang pelaku memperkenalkan dirinya kepada ibunya, dia mengaku sebagai orang kaya dan businessman,” kata BL kepada wartawan, Sabtu (11/11/2023).

Tidak hanya itu, pelaku juga pernah meminjam motor korban untuk pergi ke ATM. Saat itu, pelaku mengembalikan motor ke korban. Pertemuan tersebut terus berlangsung hingga beberapa kali. Ketika pelaku meminjam motor korban tidak sedikitpun rasa curiga.

Namun, setelah ditunggu beberapa jam motor korban tidak kunjung dikembalikan pelaku. ”Alasannya ada urusan bisnis, tapi sampai saat ini pelaku tak kunjung mengembalikan motor milik ibu aku,” tegas BL.



Dia menambahkan, kejadian itu sekitar minggu lalu. Tidak terima dengan kejadian itu, ibu korban menceritakan kejadian tersebut kepada anaknya. Kemudian, tidak membuang waktu anaknya tersebut membuat laporan ke Polresta Jambi.

Karena belum ada tanggapan serius dari pihak kepolisian, korban nekat memviralkan kasus penipuan tersebut ke sosial media (sosmed). Betapa terkejutnya korban, setelah viral di medsos ternyata ibunya bukan korban yang pertama namun ada korban lainnya.

”Kalau di Kota Jambi, ada 3 janda yang mengirimkan pesan kepada saya menceritakan kejadian yang sama," tuturnya.

Terkait kerugian, katanya, uang hingga mobil serta emas yang dibawa kabur. Sedangkan modus penipuannya kepada setiap korban, pelaku memperkenalkan diri dengan nama berbeda. Dari hasil informasi yang saya kumpulkan, pelaku ini sering bergonti-ganti nama.

Meski ada laporan, namun pihak kepolisian belum memberikan informasi lebih lanjut kepada pihak korban.Namun, pihak warga maupun korban meminta kepolisian segera melakukan pengusutan dan menangkap pelaku.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1950 seconds (0.1#10.140)