11 Fakta Unik Alpaca, Hewan yang Menggemaskan dan Lucu

Sabtu, 11 November 2023 - 08:16 WIB
loading...
11 Fakta Unik Alpaca, Hewan yang Menggemaskan dan Lucu
Alpaca adalah unta yang paling menggemaskan, dan bahkan banyak yang ingin menjadikannya peliharaan. Foto: Shutterstock
A A A
JAKARTA - 11 Fakta unik Alpaca belum banyak yang mengetahui. Alpaca merupakan hewan yang berasal dari Amerika Selatan yang menyerupai llama. Binatang satu ini terlihat menawan dan mempesona karena telah memikat hati orang-orang di seluruh dunia.

Dengan bulunya yang lembut, sifatnya yang lembut, dan penampilannya yang menawan. Alpaca menjadi terkenal di banyak negara. Alpaca memiliki dua jenis yakni Huacaya dan Suri yang memiliki ciri masing-masing. Alpaca Huacaya memiliki bulu yang tebal dan berkerut, sehingga mereka terlihat seperti boneka. Sedangkan, alpaca suri itu memiliki bulu yang panjang dan juga halus.

Tetapi, banyak fakta-fakta alpaca yang belum banyak diketahui oleh manusia atau bahkan mereka belum mengetahui keberadaan hewan alpaca ini. Yuk, kita ketahui bersama fakta unik hewan alpaca.

Inilah 11 Fakta Unik Alpaca Hewan yang Menggemaskan dan Lucu

1. Alpaca Memiliki Bulu Hypoallergenic

Bulu alpaca ini sangat halus dan lembut yang secara alami bebas dari lanolin dan bahan penyebab alergi lainnya. Serat alpaca mendapatkan peringkat kelas 1 oleh Komisi keamanan Produk Konsumen Amerika Serikat karena serat alpaca memiliki sifat yang tahan dengan api.

2. Alpaca Memiliki Efek Terapi

Karisma alpaca memberikan efek positif bagi manusia, mereka bahkan dapat beradaptasi dengan suasana hati dan situasi mereka. Hewan ini dibiakkan untuk diambil wolnya. Namun, alpaca juga dapat menjadi hewan terapi yang menawarkan satu keunggulan utama, yakni mereka tidak menggigit atau meludah.

3. Alpaca Hadir dalam Dua Ras yang Berbeda
11 Fakta Unik Alpaca, Hewan yang Menggemaskan dan Lucu

Alpaca hadir dalam dua ruas yakni suri dan huacaya. alpaca huacaya memiliki populasi sekitar 90%, ras ini berasal dari Peru pasca-kolonial. Karena bulunya yang lebih tebal sehingga mereka lebih cocok bertahan hidup di dataran tinggi.

Sedangkan alpaca suri hanya memiliki populasi sekitar 10% saja dan mereka dianggap lebih umum di Peru pra-Columbus, karena mereka dapat disimpan di ketinggian yang lebih rendah.

4. Alpaca Tahan Api dan Air

Serat alpaca tahan air seperti kapas dalam kemampuannya menyerap kelembapan. Serat alpaca juga tidak mudah terbakar, sehingga dapat memenuhi spesifikasi dari Komisi Keamanan Produk Konsumen AS untuk menjadi bahan serat kelas 1.

5. Alpaca Melahirkan di Pagi Hari

Induk alpaca biasanya melahirkan bayi alpaca pada pagi hari, supaya dapat mengeringkan badan bayi alpaca sebelum suhu turun di malam hari, selain itu juga agar bayi alpaca bisa berjalan-jalan.

6. Alpaca Bisa Mati Karena Kesepian

Hal ini terjadi karena, pada dasarnya alpaca merupakan hewan ternak yang membutuhkan hewan lain yang serupa untuk berinteraksi sosial. Jadi, jika kalian ingin memelihara alpaca disarankan untuk memelihara dua ekor alpaca jangan hanya satu.

7. Berkomunikasi Dengan Tanda dan Suara Non-Verbal

Cara alpaca berkomunikasi yaitu dengan menggunakan berbagai tanda dan suara non verbal untuk berinteraksi dengan sesamanya. Bahkan, mereka bisa mengubah postur tubuhnya untuk menunjukkan perasaan atau tujuan tertentu.

8. Alpaca Berumur Panjang
11 Fakta Unik Alpaca, Hewan yang Menggemaskan dan Lucu

Rata-rata umur alpaca sekitar lima belas hingga dua puluh tahun. Akan tetapi, mereka bisa bertahan hidup lebih lama jika dirawat dengan baik.

9. Hewan Alpaca Memiliki beragam Warna

Alpaca dihargai di seluruh dunia untuk dijadikan tekstil yang hangat, lembut, dan juga ringan. Selain bulunya yang lembut, bulu alpaca ini memiliki dua puluh dua warna yang bervariasi, seperti putih, hitam, krem, serta banyak berbagai warna coklat dan abu-abu.

10. Alpaca Meludah Saat Marah

Jangan salah meskipun hewan ini terlihat lucu dan menggemaskan, alpaca juga bisa marah, lho. Mereka mengekspresikan kemarahanya dengan sesamanya ataupun manusia dengan cara meludah. Selain itu, saat kesal alpaca juga bisa mogok berjalan dan duduk, juga bisa mendesis atau bahkan menendang pemiliknya.


11. Alpaca dapat Berkawin Silang

Alpaca dan llama dapat kawin silang. Jika llama jantan dengan alpaca betina berkembang biak, maka keturunannya disebut huarizos. Sedangkan, ketika alpaca jantan dengan alpaca betina berkembang biak, keturunan mereka disebut mistis.

Itulah, beberapa fakta unik tentang hewan alpaca yang mungkin belum banyak orang mengenal hewan tersebut. Semoga dengan membaca artikel ini dapat menambah wawasan terkait hewan-hewan unik yang ada di dunia khususnya hewanalpacaini.

MG/Talitha Luthfiana Safa
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0982 seconds (0.1#10.140)