Pilih Gus Ipul-Anas, PDIP Ingin Jaga Kehormatan Partai

Minggu, 15 Oktober 2017 - 16:11 WIB
Pilih Gus Ipul-Anas, PDIP Ingin Jaga Kehormatan Partai
Pilih Gus Ipul-Anas, PDIP Ingin Jaga Kehormatan Partai
A A A
SURABAYA - Keputusan PDIP untuk mengusung Saifullah Yusuf (gus Ipul)-Abdullah Azwar Anas sebagai cagub-cawagub 2018 dinilai pengamat cukup realistis. PDIP sadar posisi, sehingga tidak memaksakan diri mengusung kader sendiri untuk bertarung.

“Megawati paham dengan geopolitik Jawa Timur. Dia tidak ingin berkonflik dengan para kiai. Karena itu, bukan kader sendiri yang diusung, melainkan Gus Ipul,”tegas Pengamat Politik Universitas Trunojoyo Surrochim Abdulsalam, Minggu (15/10/2017).

Surrochim menjelaskan, PDIP punya pengalaman pahit dalam dua kali penyelenggaraan Pilgub Jatim (2008 dan 2013). Dua kali mengusung kader sendiri, PDIP tidak pernah menang. Yakni Sucipto pada Pilgub Jatim 2008 dan Bambang DH-Said Abdullah pada Pilgub Jatim 2013 silam.

“Nah, kali ini PDIP ingin menyelamatkan kehormatan partai. Caranya harus menang pada Pilgub Jatim nanti. Dan kandidat yang dianggap potensial adalah Gus Ipul dan Abdullah Azwar Anas,”tukas dosen Fisip ini.

Gus Ipul misalnya, dianggap punya kans besar untuk menang karena dia adalah incumbent. Apalagi dalam beberapa survey, elektabilitas Gus Ipul juga tinggi. Sedangkan Anas merupakan sosok muda potensial yang bisa mewakili generasi millenia.

“Pasangan ini (Gus Ipul-Anas) cukup potensial bila berhadapan dengan Khofifah. Bahkan berpotensi menang. Karena itu, Khofifah juga harus punya pendamping sepadan untuk menandingi mereka. Dia harus benar-benar bagus. Minimal bisa menandingi Anas,”tuturnya.

Surrochim mengatakan, dalam dua Pilgub, Khofifah salah memilih wakil. Sebab wakil yang dipilih bukan sosok yang populer, apalagi memiliki elektabilitas tinggi. Sehingga tidak mampu membantu perolehan suara. “Khofifah memang punya basis massa cukup besar. Tetapi kalau tidak didukung dengan wakil yang punya suara, tetap akan berat,” imbuhnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7318 seconds (0.1#10.140)