1.025 Pesilat dan Perwakilan 2 Negara Ramaikan Acara Tradisi Merpati Putih

Sabtu, 14 Oktober 2017 - 22:21 WIB
1.025 Pesilat dan Perwakilan 2 Negara Ramaikan Acara Tradisi Merpati Putih
1.025 Pesilat dan Perwakilan 2 Negara Ramaikan Acara Tradisi Merpati Putih
A A A
YOGYAKARTA - Sebanyak 1.025 pesilat PPS Betako Merpati Putih mengikuti acara Tradisi di Pantai Parangkusumo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sabtu (14/10/2017).

Ke-1.025 peserta tradisi itu berasal dari 50 cabang dari seluruh Indonesia dan perwakilan dua cabang di luar negeri. "Saya bersyukur dan gembira dalam acara tradisi kali ini diramaikan oleh perwakilan dari dari negara, Korea dan Thailand. Ini bukti kecintaan dan pengorbanan kepada perguruan hingga mereka rela datang ke Parangkusumo,” kata Pewaris Merpati Putih Nehemia Budi Setyawan, Sabtu (14/10/2017).

Menurut Mas Hemi, sapaan akrab Nehemian Budi Setyawan, dirinya dan Mas Amos Priono Trinugroho selaku pewaris mengharapkan agar PPS Merpati Putih terus berkembang hingga ke mancanegara di masa yang akan datang.

Ketua Pengurus Pusat Merpati Putih Amos Priono Trinugroho mengatakan, pelaksanaan tradisi kali ini dilakukan seperti biasa di mana dibagi menjadi dua rombongan. Rombongan pertama terdiri dari pewaris, senior dan perwakilan cabang-cabang melakukan nyekar (ziarah) ke makam almarhum Sang Guru Saring Hadi Poernomo, Poerwoto Hadipoernomo dan Budi Santoso Hadi Poernomo di Ngulakan, Wates, Kabupaten Kulonprogo.

Sedangkan rombongan yang lain melakukan napak tilas di Kali Opak dan ke Gunung Botak.
Ketua Dewan Guru PPS Merpati Putih R Sunarjo Wiharjo mengungkapkan, tujuan dilakukan tradisi di Parangkusumo ini untuk ajang silaturrahmi antarpesilat Merpati Putih dari seluruh Indonesia untuk terus mengasah kemampuannya agar dapat berprestasi pada even di Merpati Putih dan Kejuaraan IPSI.

"Sasaran terdekat kita menyukseskan even Kejurnas V Merpati Putih di Kota Bogor tahun 2018," tandas Sunarjo.

Sementara Yuwono Darpito, Ketua Pengurus Daerah Jawa Barat mengatakan, Pengda Jawa Barat akan menyumbang atraksi penghancuran benda benda keras berupa cor beton, gagang dragon dan plat baja dalam acara penutupan Tradisi pada hari Minggu, 15 Oktober 2017 besok.

Sebelumnya, acara tradisi juga dilakukan ujian kenaikan tingkat nasional PPS Betako Merpati Putih yang diikuti 116 peserta mulai 12-13 Oktober 2017.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0431 seconds (0.1#10.140)