PKB Resmi Usung Gus Ipul Sebagai Cagub Jatim

Rabu, 11 Oktober 2017 - 15:58 WIB
PKB Resmi Usung Gus Ipul Sebagai Cagub Jatim
PKB Resmi Usung Gus Ipul Sebagai Cagub Jatim
A A A
SURABAYA - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akhirnya resmi mencalonkan Saifullah Yusuf sebagai gubernur dalam Pilgub Jatim tahun 2018 mendatang. Kepastian ini menyusul keluarnya Surat Keputusan (SK) dari DPP PKB bernomor : 23947/DPP-03/VI/A.1/X/2017 yang menyatakan, PKB mengusung Wakil Gubernur Jatim tersebut sebagai orang nomor satu di Jatim.

Ketua DPW PKB Jatim, Abdul Halim Iskandar mengatakan, awalnya dia berencana mengumumkan pasangan calon (paslon) cagub dan cawagub Jatim. Namun, ternyata DPP PKB menghendaki pengumuman cagub terlebih dulu.

Pihaknya sendiri tidak dapat berbuat banyak karena soal Pilgub Jatim sudah menjadi kewenangan DPP Partai.

"Untuk siapa yang akan mendampingi Gus Ipul (Saifullah Yusuf) akan dibicarakan dengan partai pengusung yang lain," katanya disela acara sarasehan DPC PKB se-Jatim di salah satu hotel di Surabaya, Rabu (11/10/2017).

Halim menyampaikan, sebenarnya, SK ini turun pada 5 Oktober lalu. Kemudian akan diumumkan pada 6 Oktober. Namun, karena masih ada sejumlah kegiatan partai yang harus dikerjakan, maka pengumuman baru bisa dilakukan hari ini. Pihaknya sendiri masih berkomunikasi dengan sejumlah partai lain untuk membangun koalisi. Salah satunya dengan PDIP.

"Kalau mengusung Gus Ipul, kami sudah lama mengusungnya. Hari ini hanya memformalkan saja. Kan ada masyarakat bertanya-tanya, kalau mengusung, mana SK-nya. Nah, ini kami tunjukkan," ujarnya.

Sementara itu, Gus Ipul mengaku berterima kasih dengan PKB yang sudah mengusungnya sebagai cagub Jatim. Dengan adanya SK ini, pihaknya akan lebih mudah untuk berkordinasi dengan partai yang dideklarasikan para kiai Nahdlatul Ulama (NU) itu.

"Saya diberi pesan saya pak ketum (Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar), agar ketika terpilih nanti, memprioritaskan pembangunan di wilayah Madura," ujarnya sembari mengaku bahwa pesan tersebut sesuai dengan cita-citanya membangun Jatim ke depan.

Pria yang sudah dua periode menjabat sebagai wagub Jatim ini menginginkan agar Madura dijadikan daerah yang khusus.

Sehingga, baik penanganan maupun anggarannya dipersiapkan secara khusus. Nantinya, perlu ada ahli-ahli yang akan merumuskan bagaimana membangun dan mengembangkan wilayah Madura. Diketahui, Madura merupakan salah satu kawasan termiskin di Jatim.

"Yang juga menjadi perhatian saya adalah kawasan pantai selatan. Kesenjangan ekonomi antara utara selatan sangat lebar. Nah, ini nanti bagaimana terjadi pemerataan," timpalnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5782 seconds (0.1#10.140)