Kawasan Sekitar Monas Jadi City Center, Erick Thohir: Tak Kalah dengan New York dan London

Kamis, 09 November 2023 - 14:23 WIB
loading...
Kawasan Sekitar Monas Jadi City Center, Erick Thohir: Tak Kalah dengan New York dan London
Kementerian BUMN akan mengubah wilayah di sekitar Monas menjadi City Center. Kawasan ini digadang-gadang menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di DKI Jakarta ke depannya. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan mengubah wilayah di sekitar Monumen Nasional (Monas) menjadi City Center. Kawasan ini digadang-gadang menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di DKI Jakarta ke depannya.



Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan, wilayah di sekitar Monas memiliki potensi besar karena itu akan dimanfaatkan oleh perusahaan pelat merah. Salah satunya dengan membangun twin tower atau menara kembar.

Lokasi Twin tower berdekatan dengan gedung Kementerian BUMN , Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Adapun menara kembar terdiri atas Menara Danareksa dan BSI Tower.

Menara Danareksa sendiri sudah beroperasi saat ini, sejak diresmikan Erick Thohir pada 26 Mei 2023 lalu. Sementara itu, BSI Tower atau kantor pusat PT Bank Syariah Indonesia Tbk, (BSI) baru memasuki tahap peletakan batu pertama (groundbreaking) yang dilaksanakan hari ini.



Erick memastikan konsep pembangunan twin tower (BSI Tower) mengedepankan green building. Sehingga menambah konsep penghijauan di kawasan monas dan sekitarnya.

"Kalau kita lihat memang potensi wilayah ini luar biasa, kalau kita lihat sesuai diskusi saya dengan Pak Gubernur Pak Heru waktu itu bahwa kawasan Monas ini ketika kita pindah ke IKN ini akan jadi salah satu City Center atau tempat pertumbuhan ekonomi Jakarta ke depan," ucap Erick saat groundbreaking BSI Tower, Kamis (9/11/2023).

"Di mana kawasan Monas ini akan dihijaukan, jadi gak kalah dengan kota besar lain, kalau di New York ada Central Park di London ada yang lain, kita juga punya nanti di depan," lanjutnya.

Selain berada di seberang Monas, Menara Danareksa dan BSI Tower didirikan di lokasi bergengsi yang dikelilingi oleh gedung pemerintahan, kedutaan besar, dan beberapa lembaga bisnis elit di Jakarta. Karena itu, Erick menyebut sangat cepat jika BUMN berinvestasi di kawasan elit Jakarta itu.

"Jadi untuk berinvestais disini, saya rasa BUMN tak salah, apalagi ini aset yang luar biasa dan menjadi salah satu tentu financial center dan kita awali membangun dua gedung kembar, yaitu Danareksa Tower dan BSI tower," papar dia.

"Dan ini juga sejak awal, saya minta pada Pak Dirut harus juga menjadi islamic financial center, karena itu gedungnya juga desainnya agak Timur Tengah, modern, bersih, tetapi ini menjadi kawasan yang mungkin jadi ikonik nantinya," lanjutnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2680 seconds (0.1#10.140)