Peduli Warga Tapsel, PLTA Simarboru Berikan Pelayanan Kesehatan

Selasa, 10 Oktober 2017 - 23:18 WIB
Peduli Warga Tapsel, PLTA Simarboru Berikan Pelayanan Kesehatan
Peduli Warga Tapsel, PLTA Simarboru Berikan Pelayanan Kesehatan
A A A
TAPANULI SELATAN - Ribuan warga di dua kecamatan, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara (Sumut), mendapatkan pelayanan kesehatan (yankes) dari perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Simarboru.

Sebanyak 1.396 warga di Kecamatan Marancar dan Sipirok terlihat antusias mendatangi tempat pelayanan kesehatan yang diberikan PLTA itu. Di Kecamatan Marancar, program yankes ini dipusatkan di Desa Huraba, Marancar Godang dan Kelurahan Pasar Sempurna. Sedangkan di Sipirok, digelar di Dusun Hasahatan/Pargudungan, Pengkolan, Dano, Paske, Bulu Payung, Luat Lombang, Batang Paya, Hutaimbaru.

Anggota tim fasilitator PT North Sumatera Hydro Energy (NSHE) Arnida Sukriyani mengatakan, pihaknya program tersebut sudah berjalan sejak Agustus 2017. ”Jumlah pesertanya terdiri orang tua lanjut usia sebanyak 840, 70 ibu hamil, 486 balita dan balita di dua kecamatan sudah menerima manfaatnya," ujarnya kepada SINDOnews, Selasa (10/10/2017).

Lebih lanjut kata dia, bantuan yang diberikan berupa asupan makanan bergizi bagi bayi usia lima dan tiga tahun, ibu hamil dan orang tua lansia. Selanjutnya, PLTA juga memfasilitasi dokter dan bidan dalam melayani masyarakat.

"Bantuan ini diprogramkan secara berkesinambungan dan bentuk komitmen PLTA Simarboru dalam mendukung visi Pemkab Tapsel mewujudkan masyarakat yang sehat, cerdas dan sejahtera," tuturnya.

Kepala Desa Huraba, Kecamatan Marancar, Abdul Majid Siregar menyambut baik kegiatan tersebut. ”Saya mengapresiasi bantuan peningkatan yankes dari PLTA untuk masyarakat di desa ini,” imbuhnya.

Dia menilai, kepedulian PLTA Simarboru terhadap kesehatan masyarakat sangat tinggi dan dibuktikan dengan adanya kegitan yankes tersebut. “Bukan hanya menyentuh kesehatan lansia saja, tapi ibu hamil, balita dan batita juga mendapat perhatian," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Pembantu Huraba, Kecamatan Marancar, Rosmawati mengapresiasi kegiatan tersebut. "Kegiatan ini disambut baik warga. Ke depannya, kami siap bekerja sama dengan PLTA,” tandasnya.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6990 seconds (0.1#10.140)