Serius Kalahkan Porsche, Mobil Sport Listrik Toyota Diuji di Sirkuit Balap

Rabu, 08 November 2023 - 21:11 WIB
loading...
Serius Kalahkan Porsche, Mobil Sport Listrik Toyota Diuji di Sirkuit Balap
Toyota benar-benar serius menghadirkan mobil sport listrik yang bisa menyaingi Porsche dan akan menguji di sirkuit balap legendaris di Jerman, Nurburgring. Foto/Drive
A A A
TOKYO - Toyota benar-benar serius menghadirkan mobil sport listrik yang bisa menyaingi Porsche. Toyota dikabarkan akan menguji calon mobil sport listrik mereka, Toyota FT-Se di sirkuit balap legendaris di Jerman, Nurburgring.

Diketahui Toyota FT-Se pertama kali melakukan debut di ajang Japan Mobility Show 2023 yang digelar pada akhir Oktober. Saat itu Toyota mengklaim mobil sport listrik tersebut akan jadi mobil listrik sport coupe pertama yang dibuat oleh Toyota.

Laman Drive, Rabu (8/11/2023) melaporkan rencana mobil sport listrik itu akan diproduksi massal pada 2026. Toyota sudah menyiapkan beberapa tahapan agar mobil sport listrik itu tidak mengecewakan, salah satunya dengan menguji di sirkuit Nurburgring.



"Nurbrugring adalah target utama buat mobil ini. Saya memang tidak bisa mengatakan apa target yang ditetapkan ketika diuji di sana," ujar Fumihiko Hazama, Chief Engineer Toyota yang mendesain langsung Toyota FT-Se.

Dia mengatakan sirkuit Nurbugring sangat ideal untuk menguji performa Toyota FT-Se. Sirkuit tersebut memiliki lintasan balap sepanjang 20,8 kilometer. Kondisi itu akan sangat baik untuk melihat kemampuan atau performa mobil serta durabilitas dari baterai yang digendong Toyota FT-Se.

"Mendinginkan baterai di sirkuit Nurburgring akan jadi tantangan terberat. Sangat sulit mengendarai mobil mengelilingi sirkuit dengan cepat karena temperatur baterai akan sangat panas. Pendinginan akan jadi sangat penting unutk menjaga performa dan kecepatan," jelas Fumihiko Hazama.

Dia menambahkan Toyota FT-Se tidak dibuat untuk menyaingin performa yang dimiliki mobil-mobil listrik buatan Tesla. Alih-alih perusahaan mobil dari Jepang itu justru mengincar mobil-mobil sport listrik buatan Porsche.



Saat ini Porsche memang sudah punya mobil listrik Porsche Taycan dengan performa tinggi. Selain itu Porsche juga akan menghadirkan mobil sport listrik lainnya berbasiskan mobil yang sudah ada yakni Porsche Cayman.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0958 seconds (0.1#10.140)