Bangun Desa Mandiri, Pemprov Sumut Latih 233 Pendamping Desa

Senin, 09 Oktober 2017 - 16:09 WIB
Bangun Desa Mandiri, Pemprov Sumut Latih 233 Pendamping Desa
Bangun Desa Mandiri, Pemprov Sumut Latih 233 Pendamping Desa
A A A
MEDAN - Peranan pendamping desa dinilai sangat strategis dalam membangun dan memajukan desa. Di Sumatera Utara (Sumut), sebanyak 233 orang pendamping dilatih guna mewujudkan desa mandiri.

Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumut, Aspan Sofian, mengatakan, pelatihan ini merupakan rangkaian dari proses rekrutmen pendamping lokal desa yang dilakukan pada 1-5 September lalu. Pelatihan yang digelar 30 September hingga 8 Oktober kemarin berjalan lancar diikuti 223 orang dengan jumlah pelatih 24 orang yang berasal dari tenaga ahli pemberdayaan masyarakat dari kabupaten/kota.

“Secara keseluruhan jumlah peserta ada 234 orang, namun yang hadir sebanyak 233 orang karena 11 orang sudah bekerja di bidang lain sehingga tidak dibenarkan pendamping desa bekerja di luar tugasnya,” ujar Aspan, Senin (9/10/2017).

Aspan menjelaskan, kegiatan ini untuk memberikan edukasi agar pendamping desa siap secara mental, pengetahuan dan keterampilan sebelum diterjunkan ke lokasi masing-masing. Adapun materi yang diberikan di antaranya UU Desa, tata kelola desa, sistem pengelolaan desa, pengelolaan anggaran desa hingga perencanaan untuk pembangunan desa.

Sementara itu, Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi mendukung kegiatan tersebut. Dia berharap pendamping desa ini bisa menjadi motivator. Selain itu, bisa memahami aturan-aturan desa, membuat BUMDes, melakukan musyawarah desa.

Kata dia, untuk mewujudkan desa mandiri, dibutuhkan pengelolaan APBDes yang kreatif. Dia mencontohkan, di Jawa, ada desa yang mengelola lahan pertanian, ada juga yang membuat waduk-waduk kecil.

“Kalau bekerja biasa-biasa saja dan tidak maksimal, maka desa yang dibimbingnya tidak akan maju. Harus ada ide-ide yang luar biasa dan maksimal,” kata Erry saat menutup kegiatan Pelatihan Pratugas Pendamping Lokal Desa, Program pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Provsu tahun 2017 di Medan, Minggu (8/10/2017).

Untuk diketahui, di Indonesia terdapat 72.000 kepala desa. Sebanyak 5.418 tersebar di Provinsi Sumut.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3333 seconds (0.1#10.140)