Magang Vs PKL, Ini Perbedaan Keduanya yang Perlu Diketahui Mahasiswa

Rabu, 08 November 2023 - 12:46 WIB
loading...
Magang Vs PKL, Ini Perbedaan Keduanya yang Perlu Diketahui Mahasiswa
Meskipun antara magang dan PKL memiliki makna yang sama, namun ternyata terdapat perbedaan cukup signifikan antar keduanya. Magang biasanya untuk mahasiswa sedangkan PKL untuk siswa SMK. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini perbedaan antara magang dan PKL yang perlu diketahui mahasiswa. Perbedaan magang dan PKL mungkin masih sulit dibedakan oleh sebagian mahasiswa. Meskipun keduanya memiliki makna yang sama, namun ternyata terdapat perbedaancukup signifikan antar keduanya

Lantas, apa sajakah perbedaan magang dan PKL? Sebelum kamu mengetahui lebih dalam, ada baiknya untuk memahami juga arti dari istilah magang dan PKL itu sendiri. Untuk lebih jelasnya, artikel kali ini akan mengulasya secara jelas, simak ya!

Pengertian Magang


Dirangkum dari berbagai sumber, magang adalah suatu proses penerapan ilmu pengetahuan atau kompetensi selama mengemban pendidikan ke dunia kerja. Melalui magang, seseorang akan memahami bagaimana sistem kerja di dalam dunia profesional yang sebenarnya.

Adapun pengertian magang berdasarkan Undang-Undang No. 13 tahun 2003 yaitu magang merupakan bagian dari pelatihan kerja yang bekerja sama oleh lembaga pelatihan dengan cara melakukan pekerjaan dan diawasi oleh pekerja yang telah profesional di bidangnya agar bisa mendapatkan keterampilan dan keahlian tertentu.


Buat kamu yang tengah menempuh pendidikan di jenjang perguruan tinggi, magang kerap kali dijadikan sebagai syarat kelulusan.Selain untuk memenuhi syarat kelulusan, kegiatan magang juga sebenarnya memiliki tujuan yaitu agar mahasiswa dapat meningkatkan skill dan juga kompetensi di bidangnya melalui dunia kerja yang sebenarnya.

Saat ini, sudah banyak perusahaan-perusahaan yang menyediakan lowongan kerja khusus untuk program magang. Salah satunya ialah program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka (MBKM) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Pengertian PKL


PKL atau kepanjangan dari Praktik Kerja Lapangan merupakan bentuk penyelenggaraan pelatihan kejuruan yang diikuti oleh siswa melalui bekerja secara langsung di dunia industri maupun usaha, secara terarah dengan supervisor yang sudah kompeten di bidangnya.

Tujuan dari kegiatan PKL itu sendiri sama dengan magang yaitu ingin memperoleh pengalaman dan meningkatkan skill keahlian di suatu bidang yang dituju agar mencapai tingkat keahlian profesional.

Magang untuk Mahasiswa, PKL untuk SMK


Setelah mengetahui apa itu magang dan PKL, tentunya kamu mungkin masih merasa bingung apakah kedua istilah ini memang sama persis atau mungkin berbeda. Perbedaan magang dan PKL sebenarnya memiliki arti yang sama hanya istilah penyebutannya saja yang berbeda.

Secara umum, biasanya pemakaian istilah PKL sering dipakai kepada siswa SMK sedangkan istilah magang diterapkan pada perguruan tinggi. Namun, secara garis besar perbedaan magang dan PKL memiliki arti yang sama yaitu kegiatan praktik kerja dengan terjun langsung di lapangan sesuai bidang yang ditempuh dalam jangka waktu tertentu.

Manfaat Mengikuti Magang Atau PKL


1. Mendapatkan Pengalaman Kerja


Manfaat mengikuti magang dan PKL yang pertama yakni mendapatkan pengalaman kerja. Hal ini merupakan suatu hal yang sangat berharga guna mempersiapkan dirimu ketika akan menapaki dunia kerja yang sebenarnya.

2. Menambah Pengalaman Kerja pada CV


CV merupakan gerbang awal saat ingin melamar pekerjaan. Jika kamu telah memiliki pengalaman magang atau PKL sebelumnya, tentunya pengalaman tersebut bisa kamu cantumkan di CV-mu. Apalagi jika kinerja selama kamu mengikuti magang atau PKL sangat baik, maka besar kemungkinannya jika kamu akan diterima di perusahaan yang kamu impikan.

3. Eksplor Berbagai Tugas dan Tanggung Jawab


Realitanya, masih banyak juga mahasiswa yang bingung saat ditanya rencana mereka setelah lulus nanti. Salah satu penyebabnya karena para mahasiswa tersebut masih belum mempunyai pengalaman di dunia kerja sama sekali. Mereka diibaratkan masih “buta” akan hal tersebut karena belum bisa menentukan bidang apa yang membuat mereka tertarik.

4. Mengembangkan Keterampilan


Selama kamu mengikuti magang atau PKL, di sana kamu akan mendapatkan feedback dari rekan kerja maupun atasanmu terkait performa kerjamu. Apabila masih merasa bingung, tidak perlu sungkan untuk bertanya kepada atasan maupun rekan kerjamu, ya!

5. Peluang untuk Mendapatkan Pekerjaan Tetap


Melansir dari Naceweb, 70% dari mahasiswa yang sempat menjalani program magang atau PKL mendapatkan tawaran sebagai karyawan tetap dari perusahaan tersebut.

Memang, program magang atau PKL hanya berlangsung dalam beberapa bulan saja, pada umumnya sampai 3 bulan. Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa kamu akan mendapat kesempatan untuk menjadi karyawan tetap setelah kamu lulus nanti karena kinerjamu yang baik.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1917 seconds (0.1#10.140)