Warga Tempuh Ratusan Kilometer Demi Saksikan Aksi Bela Diri Militer

Kamis, 05 Oktober 2017 - 17:28 WIB
Warga Tempuh Ratusan Kilometer Demi Saksikan Aksi Bela Diri Militer
Warga Tempuh Ratusan Kilometer Demi Saksikan Aksi Bela Diri Militer
A A A
SEMARANG - Alunan musik rancak menjadi pengiring sekira 500 prajurit TNI memasuki Lapangan Jenderal Besar Soedirman, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Pria-pria berbadan tegap dengan pakaian loreng itu dalam sekejap membentuk formasi di tengah lapangan.

Hingar bingar musik pengiring semakin keras, apalagi ditambah dengan teriakan para prajurit yang tengah memeragakan bela diri militer. Ribuan penonton yang memadati sekeliling lapangan seketika menyambut dengan gemuruh tepuk tangan.

Tak berselang lama, warga kembali mendapat suguhan pertunjukan atraksi berbahaya menghacurkan materil di udara dengan tendangan. Tak sekadar membutuhkan kekuatan, gerakan menendang di udara juga harus memiliki keahlian ketangkasan.
Warga Tempuh Ratusan Kilometer Demi Saksikan Aksi Bela Diri Militer

Di antara ribuan penonton, terdapat dua pria paruh baya yang tak pernah melepaskan pandangan dari tengah lapangan. Sesekali mereka berkomentar dan diikuti dengan seruan memberi semangat serta tepuk tangan.

“Saya salut dan bangga, tentara sekarang hebat,” ujar pria bernama Azad yang didampingi rekannya Fikri, Kamis (5/10/2017).

Dua pria itu mengaku jauh-jauh datang dari Banyumas ke Ambarawa, karena ingin menyaksikan prajurit TNI berlaga. Mereka pun harus menempuh jarak kurang lebih 151 kilometer dari rumah, dan tiba di lokasi acara pagi tadi.

“Semoga TNI makin hebat dan makin kuat,” imbuh Fikri dengan bahasa khas Banyumasan.

Atraksi bela diri militer Yongmoodo itu sengaja digelar untuk memeringati HUT ke-72 TNI dan HUT ke-67 Kodam IV/Diponegoro. Bela diri merupakan salah satu ketrampilan dasar yang harus dimiliki oleh prajurit, karena akan meningkatkan profesionalisme dan dapat melumpuhkan lawan tanpa harus melukai.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0679 seconds (0.1#10.140)