3 Negara yang Menjadi Penentu Pemenang Perang Gaza, Salah Satunya Musuh Bebuyutan Israel

Minggu, 05 November 2023 - 21:38 WIB
loading...
3 Negara yang Menjadi Penentu Pemenang Perang Gaza, Salah Satunya Musuh Bebuyutan Israel
Banyak negara terlibat dalam konflik di Gaza. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Israel melanjutkan aksi daratnya di Jalur Gaza, yang oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu disebut sebagai “fase kedua”.

Terlepas dari segi semantik, pergerakan yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu cepat yang telah berlangsung selama beberapa ini merupakan sebuah kemajuan dari dua serangan cepat yang dilakukan pada malam hari. Namun bukan invasi habis-habisan.

Tentara menyebutnya sebagai pengintaian. Dalam persiapan untuk menyerang, unit-unit yang lebih kecil menyerang untuk menyelidiki posisi, kekuatan, taktik dan kesiapan operasional musuh mereka. Rencana pertempuran awal kemudian diadaptasi menggunakan pengetahuan yang diperoleh.

Meski begitu, kemajuan Israel di darat terlihat lamban: lebih kecil dan lebih lambat dibandingkan kekuatan besar yang dibanggakan oleh para menteri dan jenderal.

Beberapa pakar mungkin melihatnya sebagai tanda bahwa tentara Israel kekurangan cadangan senjata. Namun hal ini tidak bisa terjadi, karena serangan udara terus berlanjut dan penembakan jarak jauh terhadap Gaza yang tidak mereda selama lebih dari tiga minggu hingga kini, menyebabkan banyak korban jiwa.

Korban dari pihak Hamas tidak diketahui, namun kemungkinan besar rasio korban tewas di Gaza adalah ratusan warga sipil Palestina untuk setiap pejuang Hamas yang terbunuh.

Lambatnya kemajuan Israel mungkin disengaja, untuk memungkinkan dilakukannya diplomasi, pembicaraan rahasia, dan kesepakatan rahasia. Negara-negara tetangganya – Mesir, Yordania, Lebanon dan Suriah – tidak ingin konflik meningkat dan berupaya untuk tidak memperburuk konflik dengan cara apa pun. Qatar memimpin upaya diplomatik untuk pembebasan tawanan Hamas dan untuk menghindari eskalasi lebih lanjut.

Berikut adalah 3 negara yang memiliki posisi kuat dalam menentukan pemenang perang di Gaza.

1. Turki Hanya Bermain Retorika Semata

3 Negara yang Menjadi Penentu Pemenang Perang Gaza, Salah Satunya Musuh Bebuyutan Israel

Foto/Reuters

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dengan tajam mengkritik Israel, menyebutnya sebagai penjajah dalam pidatonya di demonstrasi besar-besaran untuk mendukung Palestina sehari menjelang peringatan 100 tahun Republik Turki.

"Kritik Turki terhadap Israel hampir pasti bersifat politis, namun posisi Iran lebih kompleks, dan apa yang mungkin dilakukannya masih menjadi teka-teki," kata Zoran Kusovac, pakar geopolitik dan keamanan, dilansir Al Jazeera.

2. Iran Bermain di Belakang Layar

3 Negara yang Menjadi Penentu Pemenang Perang Gaza, Salah Satunya Musuh Bebuyutan Israel

Foto/Reuters

Iran adalah musuh bebuyutan Israel. Mereka membentuk, melatih, mengorganisir, mempersenjatai dan terus mendukung serangkaian kelompok bersenjata sub-negara di wilayah tersebut. Kelompok terbesar dan paling terkenal di antara mereka adalah Hizbullah yang berbasis di Lebanon, namun Iran juga hadir melalui proksi di Irak, Suriah, dan Yaman, wilayah di mana konflik berdarah sedang atau sedang terjadi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1449 seconds (0.1#10.140)