Vakum Tiga Tahun, Sibad Hadirkan Single Berbahasa Jawa Pertama

Kamis, 02 November 2023 - 15:47 WIB
loading...
Vakum Tiga Tahun, Sibad Hadirkan Single Berbahasa Jawa Pertama
Penyanyi dangdut Siti Badriah merilis lagu baru berbahasa Jawa.
A A A
JAKARTA - Setelah vakum selama tiga tahun, penyanyi dangdut Siti Badriah merilis lagu barunya berjudul “Cocote”. Siti Badriah mengaku jalani masa vakum karena harus mengurus keluarganya. Alhasil single ini penanda comeback-nya dia ke industri musik tanah air.

"Satu tahun Covid, terus menuju kehamil sampai dua tahun. Selanjutnya aku melahirkan terus (ngurus anak). Ya aku vakum karena keluarga aja," ujar Siti Badriah berkolaborasi dengan grup RPH (Repoeblic Patah Hati),

Menariknya melalui single baru berjudul Cocote (Tolong Dikondisikan) ini merupakan lagu pertama Sibad yang berbahasa Jawa. Bukan cuma itu, di lagu ini Siti Badriah juga untuk pertama kali menunjukkan bakat ngerap dan menyinden. Karena itu, dia awalnya kesulitan melakukannya.

“Ini (sinden dan rap dalam Bahasa Jawa) pertama kali dan kalau kesulitan ya pasti sulit karena aku nggak pernah nyanyi lagu Bahasa Jawa sama sekali, di sini aku ngerap pakai Bahasa Jawa," kata Siti Badriah

Tak hanya pakai bahasa Jawa, pedangdut kelahiran Bekasi, 11 November 1991 ini juga harus ngerap dan juga nyinden di lagu barunya ini. Siti Badriah rupanya tak butuh waktu lama untuk belajar ngerap dan nyinden pakai bahasa Jawa.

“Sebenarnya ini ngerap dan nyinden pakai bahasa Jawa tadinya nggak ada. Tadinya lagu ini bahasa Indonesia (bukan Jawa). Aku menghafalkan seminggu sebelum rekaman," ucap Siti. "Besokannya pas udah rekaman take yang sudah ini pakai bahasa Jawa sama sinden dan ngerap," lanjut Siti.

Selain menghadapi kesulitan, ibu satu anak itu juga mengaku cukup khawatir gaya bernyanyinya dibandingkan dengan pedangdut lain. Seperti diketahui, saat ini cukup banyak pedangdut dengan lagu berbahasa Jawa yang populer. "Takut lah," kata Siti Badriah seraya tertawa.

Namun begitu,neng sapaan akrabnya mencoba bersikap santai karena menurutnya setiap penyanyi punya ciri khas masing-masing. "Ya biasa aja sih, karena kan semua penyanyi ada ciri khasnya masing-masing. Mungkin aku bawain lagu Jawa ini memang sesuai dengan kapasitas," ujar Siti Badriah.

“Kalau misalnya aku dibanding sama penyanyi-penyanyi lagu Jawa lainnya nggak papa, kan semuanya sudah punya ciri khas masing-masing, punya fans sendiri-sendiri, ya sudah aku menjadi diri aku sendiri," sambungnya.

Pencipta lagu dan juga produser Yogi RPH mengatakan, sebenarnya yang menambahkan untuk Siti Badriah nyinden di bagian awal lagu "Cocote (Tolong Dikondisikan)" adalah Krisjiana Baharudin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1764 seconds (0.1#10.140)