PVMBG Sebut Tak Ada Ahli yang Bisa Tahu Gunung Akan Meletus

Senin, 25 September 2017 - 05:07 WIB
PVMBG Sebut Tak Ada Ahli yang Bisa Tahu Gunung Akan Meletus
PVMBG Sebut Tak Ada Ahli yang Bisa Tahu Gunung Akan Meletus
A A A
DENPASAR - Banyak ramalan yang menyatakan gunung agung akan meletus malam ini. Seperti diketahui bahwa Gunung Agung saat ini statusnya sedang awas.

Menanggapi beredarnya isu bahwa Gunungapi Agung akan meletus malam ini, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Kasbani menyatakan tidak benar adanya ramalan bahwa gunung Agung akan meletus.

"Kami dari PVMBG tidak dapat memastikan kebenarannya karena ramalan tersebut dilakukan dengan menggunakan pendekatan yang berbeda dengan apa yang dilakukan oleh PVMBG dalam memahami aktivitas gunungapi," jelasnya, kemarin.

PVMBG melihat tanda-tanda aktifitas gunungapi melalui pengamatan secara menerus (24 jam/hari) secara visual maupun instrumental.

"Analisis terakhir PVMBG mengindikasikan bahwa energi kegempaan vulkanik Gunungapi Agung terus meningkat dan memiliki potensi untuk meletus," ujarnya.

Namun demikian, baik PVMBG maupun seluruh ahli gunung api di dunia yang mempelajari aktivitas gunung api secara ilmiah, belum ada satu pun yang mampu memastikan kapan letusan akan terjadi.

"Tidak ada satu orang pun yang mampu memastikan kapan gunung akan meletus," katanya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.1022 seconds (0.1#10.140)