alexa snippet

Lima Menit, Dua Gunungan Hasil Bumi Ludes di Merti Desa

Lima Menit, Dua Gunungan Hasil Bumi Ludes di Merti Desa
Warga Desa Gotakan, Panjatan Kulonprogo menggelar merti desa dengan menggelar kirab gunungan hasil bumi. Koran SINDO/Kuntadi
A+ A-
KULONPROGO - Warga Desa Gotakan, Panjatan Kulonprogo menggelar merti desa dengan menggelar kirab gunungan hasil bumi, Kamis (21/09/2017).

Segala bentuk seni yang berkembang di masyarakat juga ikut ditampilkan dalam kegiatan yang memutar mengelilingi desa. "Merti desa ini rutin dilaksanakan, setiap dua tahun sekali untuk melestarikan budaya," jelas Supriyanto, Kades Gotakan.

Rangkaian tradisi ini digelar oleh seluruh lapisan masyarakat. Mulai dari ngurus sendang di beberapa pedukuhan hingga kirab budaya, kenduri dan pentas seni budaya.

Ada beberapa potensi seni yang nyarus punah kembali diangkat. Seperti jathilan pong de dan wayang orang. "Harapan dari merti desa ini masyarakat sehat sejahtera. Ini ungkapan rasa syukur," jelasnya.

Ada dua gunungan hasil bumi yang diarak, yakni gunungan lanang dan wadon. Kedua gunungan ini terdiri dari hasil bumi pertanian yangb dikembangkan warga.

Begitu tiba di balai desa dan didoakan, gunungan inipun di perebutkan kepada masyarakat. Tidak lebih dari lima menit, kedua gunungan ini pun ludes diperebutkan. "Kami percaya ini menjadi berkah," ujar Warti salah seorang warga.

Uba rampe yang diperoleh dalam rebutan ini, selanjutnya akan dimasa untuk disantap bersama keluarganya.
(nag)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top