Siswa SMA Ciptakan Alat Penjernih Air Laut untuk Cuci Motor, Anti Karat

Kamis, 02 November 2023 - 15:02 WIB
loading...
Siswa SMA Ciptakan Alat Penjernih Air Laut untuk Cuci Motor, Anti Karat
Alat penjernih air laut dengan tenaga surya karya siswa SMA Laboratorium UM. (Foto: Fadli Ramadan)
A A A
JAKARTA - Inovasi terbaru karya anak bangsa terus bermunculan menghadirkan solusi bagi masyarakat. Kali ini inovasi terbaru datang dari Raditya Syarifatur Riyad, siswa SMA Laboratorium UM, Malang, Jawa Timur.

Dia berhasil menciptakan alat penjernih air laut dengan tenaga surya, sehingga bisa digunakan mengatasi kekurangan air bersih di daerah pesisir. Air yang dihasilkan bisa dimanfaatkan untuk mencuci kendaraan tanpa khawatir karatan.

“Jadi cara kerjanya memompa air dari laut, lalu masuk ke alat ini dan antara zat besi dan lainnya. Kemudian masuk lagi ke alat penjernih untuk menghilangkan polutan-polutan yang keluarnya akan menjadi air siap digunakan, tapi belum bisa dikonsumsi,” ujar Raditya.

Air yang sudah melalui proses ini dijamin aman untuk mencuci motor, tanpa khawatir terjadi karatan. “Karena itu tadi, zat besi dan sifat lainnya dari air laut sudah dihilangkan,” ujarnya.

Raditya melakukan risetnya di Pulau Kangean , Sumenep, Jawa Timur. Sulitnya akses air bersih membuatnya berpikir untuk menyuling air laut menjadi tawar sekaligus menjernihkannya. Raditya menegaskan air laut hasil penyulingan dari alat yang diciptakannya aman digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Inovasi Raditya ini berhasil mengantarkan dirinya menjadi jawara Astra Honda Motor Best Student (AHMBS) 2023.



Sebagai informasi, AHMBS 2023 diikuti sekitar 742 siswa dari seluruh Indonesia dan melalui proses seleksi untuk ke tahap berikutnya. Terkurasi 55 siswa yang melakukan presentasi secara online di tingkat nasional.

Dari hasil presentasi tersebut, diambil 19 orang untuk masuk ke tahap akhir yang mempresentasikan karya mereka secara langsung di Jakarta. Akhirnya, Dewan Juri menetapkan dua karya terbaik di ajang AHMBS 2023.

Dua karya siswa ini dinilai mampu memberikan manfaat untuk kebutuhan langsung masyarakat. Karya tersebut adalah water purifier atau penjernih air dalam kategori invensi, dan pengaman transaksi digital keuangan menggunakan QR Code di kategori ide.

Setelah proses seleksi yang dilakukan sejak Agustus 2023, dan dilanjutkan seleksi nasional pada Oktober lalu, AHM akhirnya menetapkan Rafila Anindya Ahmad dari Madrasah Aliyah Negeri 4 Jakarta sebagai juara di level gold untuk kategori ide.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2348 seconds (0.1#10.140)