Miniatur Borobudur dan Patung Budha Hiasi Bandara Adisutjipto

Rabu, 20 September 2017 - 15:38 WIB
Miniatur Borobudur dan Patung Budha Hiasi Bandara Adisutjipto
Miniatur Borobudur dan Patung Budha Hiasi Bandara Adisutjipto
A A A
YOGYAKARTA - Area Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta dihiasi miniatur Borobudur. Terdapat dua stupa dan patung Budha dengan ketinggian sekitar 1,7 meter dan diameter 2 meter.

"Kami sulap area parkir menjadi miniatur Borobudur. Ada patung, stupa, pendopo, taman, dan air mancur," kata GM PT Angkasa Pura I, Agus Pandu Purnama, Rabu (20/9/2017).

Candi Borobudur, kata dia, sudah diakui Unesco sebagai warisan budaya dunia sejak 1991. Selain itu, merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia yang berada di Indonesia.

"Dalam miniatur Borobudur ini kami juga menyajikan sejarah yang ada. Termasuk, tempat ibadah bagi umat Budha tanah air dan juga dunia," katanya.

Penyajian miniatur Candi Borobudur ini tak lepas dari upaya sinergitas Kementerian BUMN yang mengandeng semua pihak untuk memajukan dunia pariwisata, khususnya menarik wisatawan asing bertandang ke Indonesia. Borobudur menjadi salah satu dari 10 destinasi wisata unggulan versi Kemenpar.

Mengapa bukan miniatur Candi Prambanan, Pandu beralasan ketiadaan tempat. Artinya, area di Bandara Adisucipto sempit jika harus membuat miniatur Candi Prambanan. "Karena tempatnya sempit, ya sudah kita buat miniatur Borobudur saja," jelasnya.

Selain itu, pesawat yang keluar (terbang) meninggalkan bandara juga sudah otomatis bisa melihat Candi Prambanan, yang lokasinya tak jauh dari bandara. Begitu juga penumpang yang turun dari pesawat sudah disambut dengan gambar Candi Prambanan.

Kembali ditanya apakah kedepan pihaknya akan membuat miniatur Candi Prambanan? Pandu memastikan, tidak membangun di bandara ini. Namun, pihaknya akan membangun miniatur Candi Prambanan di area Bandara Baru Kulom Progo, nantinya.

"Kalau di Kulon Progo memungkinkan sekali karena ada 578 hektare lahannya. Kita bangun nanti di sana, kalau di sini tidak mungkin," jelasnya.

Pandu juga mengaku Candi Prambanan tak kalah penting dengan Candi Borobudur. Bahkan, di Kota 1.000 Candi Prambanan ini terdapat banyak situs peninggalan sejarah berupa candi.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3718 seconds (0.1#10.140)