Manado Diguyur Hujan Lebat, Warga Diminta Waspada Banjir

Rabu, 20 September 2017 - 11:54 WIB
Manado Diguyur Hujan Lebat, Warga Diminta Waspada Banjir
Manado Diguyur Hujan Lebat, Warga Diminta Waspada Banjir
A A A
MANADO - Kota Manado dan sekitarnya diguyur hujan lebat sejak pukul 12.00 Wita, Rabu (20/9/2017). Warga diminta mewaspadai ancaman banjir yang bisa datang kapan saja.

Meluapnya beberapa sungai di Bolmong Raya bisa saja terjadi di daerah aliran sungai (DAS) Tondano yang menjadi sumber banjir di Kota Manado. Apalagi intensitas hujan yang tinggi dan menyebabkan banjir di beberapa lokasi.

BMKG Manado mengingatkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang dan petir tak hanya melanda Kota Manado. "Tapi terjadi juga di Minahasa, Minahasa Utara serta meluas hingga kepulauan sangihe dan sitaro,"kata prakirawan cuaca Sutikno.

Kepala Kantor SAR Kota Manado Budi Cahyadi mengingatkan warga agar tetap waspada terutama bagi masyarakat yang bermukim di wilayah yang berpotensi longsor maupun banjir. “Jika melihat longsor maupun banjir dan perlu adanya tindakan evakuasi maka segera hubungi BPBD setempat ataupun Basarnas,”ujarnya.

Khusus yang sedang dalam perjalanan kata dia, jangan melanjutkan perjalanan jika terjadi hujan lebat karena harus antisipasi kemungkinan adanya pohon-pohon yang tumbang atau roboh.

Humas SAR Kota Manado Feri Ariyanto juga mengimbau beberapa hari ini cuaca sangat tidak mendukung dari hujan, angin, hingga tinggi gelombang air laut. Bahkan kata dia BMKG sudah memberikan edaran bahwa beberapa hari kedepan wilayah Sulut akan diguyur hujan dan disetrai glombang tinggi.

“Perlu diketahui bahwa terjadinya musibah bukan hanya karena faktor alam tetapi kelalaian diri sendiri dan kurang waspada. Kami Basarnas Manado siap 24 jam melayani apabila ada terjadi musibah yang membahayakan jiwa manusia,” tuturnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6928 seconds (0.1#10.140)