Pertama Kali, Korban Cedera dan Warga Asing Tinggalkan Jalur Gaza Lewat Rafah

Kamis, 02 November 2023 - 08:02 WIB
loading...
Pertama Kali, Korban Cedera dan Warga Asing Tinggalkan Jalur Gaza Lewat Rafah
Antrian ambulans Mesir bersiap untuk membawa korban luka konflik Jalur Gaza di penyeberangan Rafah. Foto/Al Arabiya
A A A
RAFAH - Ambulans yang mengangkut warga Palestina yang terluka keluar dari Jalur Gaza untuk mendapatkan perawatan medis darurat dari Mesir pada Rabu waktu setempat. Sementara itu, ratusan pemegang paspor asing juga mulai meninggalkan wilayah yang dilanda perang selama tiga minggu dengan Israel itu.

Evakuasi pertama kali orang-orang yang ingin menyelamatkan diri dari Jalur Gaza yang dilanda perang memberikan secercah harapan dalam krisis kemanusiaan yang menyedihkan, dengan 8.796 orang tewas dalam pemboman Israel, menurut kementerian kesehatan yang dikelola Hamas.

Wartawan AFP melihat barisan 40 ambulans berwarna putih mengalir melalui perbatasan Rafah, ketika kerumunan keluarga asing dan berkewarganegaraan ganda berkumpul di dekatnya, berharap untuk meninggalkan kondisi bencana di Gaza.

Setidaknya dua anak terlihat di dalam ambulans, salah satunya dengan perban besar melilit perutnya, saat petugas medis memeriksa korban luka dan memindahkan mereka ke tandu.

Warga negara Yordania Saleh Hussein mengatakan dia menerima kabar pada tengah malam bahwa dia ada dalam daftar untuk dievakuasi.



Pertama Kali, Korban Cedera dan Warga Asing Tinggalkan Jalur Gaza Lewat Rafah

Foto/CNN

“Kami menghadapi banyak masalah di Gaza, yang paling kecil adalah kekurangan air dan pemadaman listrik. Ada masalah yang lebih besar seperti pemboman. Kami takut. Banyak keluarga yang menjadi martir,” katanya kepada AFP seperti dikutip dari Al Arabiya, Kamis (2/11/2023).

Gambar-gambar AFPTV menunjukkan seluruh keluarga, berjuang untuk membawa harta benda mereka, bergegas melewati penyeberangan yang dijaga ketat menuju Mesir, yang diperkirakan akan menerima setidaknya 400 pemegang paspor asing dan 90 orang yang terluka dan sakit paling parah.

"Kelompok pertama yang sebagian besar terdiri dari perempuan dan anak-anak tiba di Mesir," kata seorang pejabat kepada AFP yang tidak mau disebutkan namanya, ketika tayangan TV menunjukkan orang tua dengan kursi dorong dan orang lanjut usia turun dari bus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1679 seconds (0.1#10.140)