Pemkot Bandung Gelar Acara Sebulan Penuh untuk Meriahkan HUT ke-207

Selasa, 19 September 2017 - 15:59 WIB
Pemkot Bandung Gelar Acara Sebulan Penuh untuk Meriahkan HUT ke-207
Pemkot Bandung Gelar Acara Sebulan Penuh untuk Meriahkan HUT ke-207
A A A
BANDUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus mempersiapkan 14 kegiatan dan festival untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-207 Kota Bandung pada 25 September 2017 mendatang. Selama sebulan penuh, beragam acara mulai seni, musik, budaya, festival, hingga pesta diskon akan berlangsung di sejumlah lokasi.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, kegiatan akan berlangsung sejak 25 September 2017 hingga 25 Oktober 2017. Selama sebulan penuh ini pula, Kota Bandung akan mendandani diri. Pohon-pohon di kota ini akan diberikan sarung berwarna hijau, kuning, dan biru. Acara juga dilaksanakan mulai level RW, meskipun pemusatan ada di balaikota.

"Seremoninya hanya satu, yakni upacara. Lainnya ada ratusan pentas seni, ada seni musik, seni tari, teater dan lain-lain. Ada Bandung great sale, Bandung air show dan ada festival. Total, ada sekitar 14 acara,” kata Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil, seusai jumpa pers di Taman Sejarah, Jalan Aceh, Kota Bandung, Selasa(19/9/2017).

Dia menyebutkan, HUT ke-207 Kota Bandung berpesan untuk menunjukan keceriaan dan kebahagiaan serta semangat warga Kota Bandung yang kolaboratif. “Tolong dijaga, jangan diganggu. Nikmat mana lagi wahai warga Bandung yang kamu dustakan, sagala aya di Bandung mah,” ujar dia.

Emil menyebutkan, tema HUT Kota Bandung yang diangkat tahun ini adalah Bandung Kolaboratif. Tema tersebut sejalan dengan tema perayaan HUT ke-72 Republik Indonesia, yaitu kerja bersama. “Jadi temanya dengan semangat kerja bersama menuju Bandung Juara,” imbuhnya.

Dia meyakini Kota Bandung bisa menjadi seperti hari ini berkat kerja sama dari semua pihak, terutama warga. Masyarakat yang kompak telah melancarkan pembangunan yang berkualitas. “Warga Bandung itu punya semangat volunteerism yang tinggi, bahasa Bung Karno-nya semangat gotong royong. Itulah yang menjadi ciri dan semangat Bandung hari ini,” ucap Emil.

Dalam peringatan hari jadi Kota Bandung tahun ini, kata Emil, ada kegiatan yang paling spesial, yakni pernikahan massal 207 pasangan. Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kota Bandung ini digagas warga melalui Ikatan Petugas Sosial Masyarakat di bawah Dinas Sosial. Kegiatan ini menjadi upaya untuk meningkatkan indeks kebahagiaan Kota Bandung. Rencananya, para pengantin ini akan dinikahkan pada 30 September.

Sementara itu, Ketua Pelaksana HKKB Kamelia mengatakan, calon pengantin yang ingin mengikuti nikah massal bisa mendaftarkan diri ke Dinas Sosial Kota Bandung. Nikah massal ini diperuntukan bagi 207 pasangan. “Jumlah ini sesuai dengan angka HUT Kota Bandung. Nanti, mereka akan merayakan resepsinya di Aula SMA Negeri 7 Kota Bandung. Semua gratis,” ujar dia.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bandung Kenny Dewi Kaniasari mengatakan, puncak acara HUT Kota Bandung pada 25 September nanti akan ditutup dengan karnaval kendaraan hias. Sebelumnya, sejumlah kegiatan telah dipersiapkan mulai dari upacara, aksi teaterikal di Plaza Balaikota Bandung, pentas seni, hingga karnaval.
(mcm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.1157 seconds (0.1#10.140)