alexa snippet

Gempa Tremor Kawah Sileri Masih Tinggi, Warga Dusun Sekalam Diimbau Mengungsi

Gempa Tremor Kawah Sileri Masih Tinggi, Warga Dusun Sekalam Diimbau Mengungsi
Petugas BPBD bersama relawan desa tangguh bencana kini tengah melakukan sosialisasi kepada warga di zona bahaya.iNewsTV/Elis Novit
A+ A-
BANJARNEGARA - Aktivitas kawah Sileri di Batur, Banjarnegara, masih menunjukkan aktivitas vulkanik tinggi. Gempa tremor terekam masih terjadi secara terus menerus sehingga Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) merekomendasikan warga satu dusun, yaitu Dusun Sekalam yang berada di dekat area kawah, untuk mengungsi.

Petugas masih mendapati adanya kegempaan jenis tremor yang terjadi terus menerus, sedangkan suhu kawah menunjukan angka 93,4 derajat celcius. Untuk temperatur tanah bibir kawah sekitar 69 derajat celcius dan asap masih membubung dengan ketinggial antara 10 hingga 50 meter. Kondisi ini menunjukan aktivitas kawah masih berbahaya dan menjadi kewaspadaan warga.

"Aktivitas vulkanik masih tinggi, warga diminta tidak berada dalam zona bahaya. Pantauan terus kami lakukan," jelas Surip, Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Dieng, Senin (18/9/2017).

Berkaitan dengan tingginya aktivitas vulkanik, PVMBG berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BBPD) Banjarnegara mengimbau warga Dusun Sekalam, Kecamatan Batur untuk mengungsi ke tempat yang aman agar terhindar dari bahaya.

"Kami berkoordinasi terus dengan PVMBG tentang radius bahaya kawah. Intuk langkah antisipasi, karena aktivitas vulkanik masih tinggi, kami imbau khususnya warga Dusun Salam untuk mengungsi jika ada tanda-tanda bahaya," jelas Arif Rachman selaku Ketua Pelaksana Harian BPBD Banjarnegara.

Petugas BPBD bersama relawan desa tangguh bencana kini tengah melakukan sosialisasi kepada warga di zona bahaya. Warga diimbau untuk tidak mendekat dalam zona 1000 meter karena potensi bahaya kawah masih cukup tinggi.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top