Seru, Puluhan Kusir Delman Ramaikan Balap Kuda Tradisional

Senin, 18 September 2017 - 10:32 WIB
Seru, Puluhan Kusir Delman Ramaikan Balap Kuda Tradisional
Seru, Puluhan Kusir Delman Ramaikan Balap Kuda Tradisional
A A A
KUNINGAN - Puluhan kusir delman atau andong mengikuti balap kuda tradisional di lapangan pacuan kuda Cijoho, Kuningan, Jawa Barat, Senin (18/7/2017) pagi. Para joki ini cukup kesulitan karena kuda yang biasanya digunakan untuk delman dijadikan untuk balapan.

Dalam balapan tersebut beberapa peserta bertabrakan dengan peserta lainya hingga mengundang gelak tawa para penonton. Bahkan ada peserta balap kuda yang menerebos ke luar lintasan karena tak bisa mengendalikan kudanya.

Seorang peserta, Dedi mengatakan, dirinya cukup kesulitan memacu kudanya karena tak bisa di kendalikan hingga terjatuh. Namun, dia cukup senang dengan adanya lomba balapan kuda tradisonal ini yang digelar setahun sekali. “Untuk persiapan sebelum balapan kuda diberikan jamu, seperti telur, gula, merah, dan lainnya. Diberikan jamu biar kudanya lari kencang,” ujarnya.

Panitia pacuan kuda, Toto mengatakan, kegiatan balapan kuda tradisional ini untuk memperingati hari jadi ke-519 Kabupaten Kuningan. Kegiatan ini diikuti sekitat 70 peserta yang merupakan kusir delman dan kuda yang digunakan biasa untuk delman.

“Para peserta harus menempuh jarak kurang lebih 480 meter sebanyak tiga putaran. Peserta yang menjadi juara satu akan diberikan hadiah sebesar Rp5 juta,” katanya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8162 seconds (0.1#10.140)