Tiga SKPD Pemprov Sulsel Harus Sigap Atasi Kekeringan

Senin, 18 September 2017 - 04:17 WIB
Tiga SKPD Pemprov Sulsel Harus Sigap Atasi Kekeringan
Tiga SKPD Pemprov Sulsel Harus Sigap Atasi Kekeringan
A A A
MAKASSAR - Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu'mang mengatakan, sejauh ini memang kekeringan sudah terjadi di sejumlah daerah atau kabupaten, sehingga tiga satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang terkait, yaitu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Ketahanan Pangan dan Hortikultura, serta Dinas Sosial, harus sigap.

Agus mengungkapkan, masing-masing SKPD tentu sudah siap semuanya. Namun, dirinya tetap mengingatkan, khususnya Dinas Pertanian, agar bisa mengganti tanaman, sesuai dengan kondisi cuaca yang cocok, agar tidak terjadi puso. "Ini sangat penting jadi jangan padi saja yang ditanam," kata Agus, Minggu (17/9/2017).

Soal anggaran bencana kekeringan, menurut Agus, sudah masuk dalam anggaran kontijensi dan nilainya tergantung Pemerintah Provinsi Sulsel.

Berdasarkan data Dinas Sosial, untuk 2017 ini, Pemprov Sulsel menyiapkan anggaran sebesar Rp7,8 miliar untuk penanganan bencana, mulai dari kekeringan, banjir, longsor, dan bencana alam jenis lain.

Sebelumnya, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Selatan Syamsibar mengatakan, hingga Oktober mendatang masih kemarau. "Memang ada beberapa daerah diprediksi betul-betul kering. Hanya saja, kita sudah waspada sejak dini," katanya.

Tahun sebelumnya memang ada sejumlah daerah yang disebut mengalami kekeringan seperti Maros, Pangkep, dan Jeneponto. Kekeringan berdampak pada rusaknya lahan pertanian dan terjadi puso. "Jadi kita harap bisa mengantisipasi tersebut," katanya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1294 seconds (0.1#10.140)