Sepanjang Tahun 2023, Pendapatan Digital MSIN Meningkat 4%

Rabu, 01 November 2023 - 13:33 WIB
loading...
Sepanjang Tahun 2023, Pendapatan Digital MSIN Meningkat 4%
PT MNC Digital Entertainment (MSIN), anak perusahaan PT Media Nusantara Citra (MNCN) mencatatkan pendapatan untuk 9M-2023 yakni sebesar Rp2.364 miliar. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT MNC Digital Entertainment (MSIN) , anak perusahaan PT Media Nusantara Citra (MNCN) mencatatkan pendapatan untuk 9M-2023 yakni sebesar Rp2.364 miliar, turun 19% dibandingkan tahun sebelumnya. Penurunan pendapatan dapat disebabkan oleh Analog Swicth Off (ASO) dan kondisi pasar periklanan yang tidak menentu, yang menyebabkan perubahan susunan program dan produksi konten secara independen oleh stasiun FTA milik grup.

“Sepanjang 9M-2023, kami telah mencapai kemajuan yang signifikan dalam berbagai aspek yang didukung oleh banyak kolaborasi menarik serta ekspansi yang mencakup seluruh lini bisnis kami. Kami sangat bersemangat untuk mengambil manfaat dari iNews Media Group, operasi portal online kami yang baru saja terintegrasi, serta semua kesepakatan dan kemitraan baru dalam bisnis konten kami dan platform OTT kami," ujar Direktur MSIN, Valencia Tanoesoedibjo.



"Fitur baru di superapp berbasis iklan kami, RCTI+, juga sangat menjanjikan dan kami sangat antusias akan hal itu. Kami menantikan sisa tahun ini, dan akan terus melakukan yang terbaik untuk tumbuh dengan visi, kualitas, dan kecepatan yang terbaik,” sambungnya.

Selama 9M-2023, pendapatan yang dihasilkan dari konten, intellectual property (IP), dan talent mencapai Rp1.186 miliar, turun 35% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya kuantitas konten yang diproduksi oleh MSIN, akibat penerapan ASO.



Sepanjang sembilan bulan tahun2023, pendapatan iklan digital Perseroan mencapai Rp1.188 miliar, meningkat 4% YoY. Pertumbuhan ini merupakan dampak dari keberhasilan penerapan strategi digital Perseroan di berbagai platform, pemanfaatan saluran media sosial MSIN yang besar, dan perolehan pendapatan dari jaringan superapp OTT, Portal, & MCN. Pencapaian ini menunjukkan posisi yang baik bagi MSIN untuk memanfaatkan dan memanfaatkan peluang pasar digital yang semakin luas di Indonesia.

Sementara itu pendapatan berlangganan pada 9M-2023 turun 10% YoY menjadi Rp375 miliar. Penurunan pendapatan ini disebabkan oleh promosi harga yang diterapkan pada Vision+ agar tetap kompetitif di pasar OTT di Indonesia. Namun, pendapatan mulai meningkat pada bulan September 2023, memberikan prospek yang lebih positif untuk sisa tahun ini, dan menunjukkan pertumbuhan positif QoQ di Q3-2023.

Selama 9M-2023, EBITDA Perseroan mengalami penurunan sebesar 25% dibandingkan tahun sebelumnya yaitu sebesar Rp573 miliar. Ini merupakan margin EBITDA sebesar 24%. Selain itu, laba bersih MSIN sebesar Rp259 miliar, turun 33% dibandingkan tahun sebelumnya.

MSIN memegang hak digital eksklusif atas koleksi konten MNC Media & Entertainment yang besar, dan memonetisasi nya dengan berbagai metode. Selama 9M-2023, bisnis konten Perseroan telah berhasil mendapatkan banyak deal menarik di Singapura dan Malaysia, serta kesepakatan film baru dengan berbagai platform streaming seperti Prime Video dan Netflix. Terakhir, Perseroan juga telah menjalin kemitraan konten dengan studio animasi yang berbasis di Inggris.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1687 seconds (0.1#10.140)