alexa snippet

Pernikahan Putri Jokowi di Solo Memakai Tradisi Jawa

Pernikahan Putri Jokowi di Solo Memakai Tradisi Jawa
Suasana jumpa pers rencana pernikahan Kahiyang Ayu di kediaman pribadi Presiden Jokowi di Kelurahan Sumber, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Minggu (17/9/2017) siang. Foto KORAN SINDO/Ary WW
A+ A-
SOLO - Keluarga besar Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya buka suara terkait rencana pernikahan Kahiyang Ayu. Pernikahan putri Presiden bakal dilangsungkan 8 November 2017 mendatang di Gedung Graha Saba Buana, Solo, Jawa Tengah.

Kabar gembira itu disampaikan anak sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka yang menjadi juru bicara keluarga. Dalam kesempatan itu juga hadir ibu negara, Iriana Joko Widodo, Kahiyang Ayu, dan putra bungsu Presiden, Kaesang Pangarep.

Presiden Jokowi juga sempat hadir dalam acara jumpa pers. “Mohon maaf dadakan. Karena saya juga ada acara di sini, sekalian ingin sampaikan kabar berita dari Kahiyang. Juru bicaranya anak saya, Mas Gibran, silakan Mas Gibran dibuka dulu,” ungkap Jokowi mengawali jumpa pers yang digelar di kediaman pribadinya di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Minggu (17/9/2017) siang.

Setelah mendapat mandat dari bapaknya, Gibran lalu mulai menyampaikan seputar agenda Pernikahan Kahiyang Ayu. “Acaranya simpel saja, itu hari rabu. Paginya akad nikah dan kemudian resepsi,” terang Gibran Rakabuming Raka.

Sehari sebelum pernikahan, digelar acara siraman dan midodareni sebagaimana tradisi budaya Jawa. Persiapan pernikahan anak kedua Presiden telah mencapai 80%.

Sebagaimana pernikahan Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda sekitar dua tahun lalu, keluarga Jokowi akan menggunakan gedung dan katering sendiri. Yakni Gedung Graha Saba Buana dan Katering Chili Pari. “Konsepnya hampir sama seperti dua tahun lalu, tradisional Jawa komplitan,” timpalnya.

Disinggung apakah nantinya juga dilaksanakan kirab penganten, Gibran mengaku belum tahu. Namun kemungkinan akan jalan kaki mengingat lokasi kediaman Presiden dengan Gedung Graha Saba Buana di Jalan Letjend Suprapto, Solo cukup dekat.

Dalam pernikahan yang akan dilangsungkan di Solo, seluruhnya memakai tradisi Jawa. Calon suami Kahiyang Ayu, Bobby Nasution juga akan menjalani prosesi siraman. Ditanya mengenai busana pengantin apakah ada pesanan khusus, Kahiyang Ayu yang mendapat giliran menjawab enggan berbicara panjang. “Nanti lihat saja,” tutur Kahiyang singkat.

Termasuk jumlah pakaian yang akan dipakai saat pernikahan, dia juga enggan membeberkan dan mempersilahkan menghitung sendiri saat pelaksanaan acara.

Gibran melanjutkan bahwa prosesi siraman dan midodareni dilangsungkan di rumah. Sedangkan jumlah tamu yang diundang sejauh ini belum dipastikan.

Namun diperkirakan sama dengan dua tahun lalu ketika pernikahan dirinya. Pemilik usaha Katering Chili Pari ini masih enggan menyebutkan menu spesial yang akan disajikan dalam perjamuan.

Dirinya berjanji akan membeberkan ke publik saat mendekati hari pelaksanaan. Sebagaimana dulu, nantinya keluarga Jokowi akan menyediakan media center bagi wartawan yang meliput. “Nanti update terus menu menunya. Konsep dan foto fotonya. Ini khan masih dua bulan,” imbuhnya.

Usai menggelar jumpa pers, Jokowi bersama keluarga lalu makan siang dengan wartawan di warung sate yang tak jauh dari lokasi kediaman pribadi Presiden.
halaman ke-1 dari 2
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top